Pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) di SMA Negeri 3 Pasuruan / Ilsa Wajarriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) di SMA Negeri 3 Pasuruan / Ilsa Wajarriati

Ilsa Wajarriati (2009) Pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) di SMA Negeri 3 Pasuruan / Ilsa Wajarriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu suatu tantangan bagi para pendidik matematika untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan matematika maka guru diharuskan dapat menciptakan suatu pembelajaran yang dapat menunjang proses pemahaman siswa dengan baik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa yaitu dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education karena dalam pembelajaran realistik dilaksanakan dengan menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Hal ini akan mempermudah pemahaman siswa karena menurut pemahaman konstruktivis pemahaman siswa adalah bentukan siswa itu sendiri. Selain itu guru juga harus dapat menempatkan dirinya sebagai fasilitator dan motivator yang baik dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan RME. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan RME. Untuk menjawab masalah diatas peneliti melakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada satu kelas tertentu yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) 0bservasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pasuruan tahun pelajaran 2006-2007 subyek penelitiannya adalah kelas X-2. Bentuk pembelajaran trigonometri dengan menggunakan pendekatan RME ini menggunakan strategi lima tahapan yaitu (1) menggunakan konteks (2) menggunakan model-model (3) menggunakan interaktif (4) menggunakan keterkaitan (5) menggunakan produksi dan konstruksi Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata kelas dari tes awal ke tes akhir yaitu dari 64 4 ke 72 6. Penerapan RME dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan siswa lebih antusias dan giat belajar matematika. RME berhasil diterapkan di SMA Negeri 3 Pasuruan karena secara klasikal kelas X-2 telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item