Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 8 Malang pada pokok bahasan lingkaran dan pengajaran remidi / Lailul Furqon - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 8 Malang pada pokok bahasan lingkaran dan pengajaran remidi / Lailul Furqon

Lailul Furqon (2010) Diagnosis kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 8 Malang pada pokok bahasan lingkaran dan pengajaran remidi / Lailul Furqon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Furqon Lailul. 2007. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Lingkaran dan Pengajaran Remidialnya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Askury M.Pd. (II) Dra. Etty Tedjo Dwi Cahyowati M.Pd Kata Kunci Diagnosis Kesulitan Lingkaran Pengajaran remidial Kesulitan belajar sering dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar tersebut terlihat dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal-soal sehingga menyebabkan prestasi belajar rendah atau tidak memuaskan. Mendiagnosis kesulitan belajar matematika siswa serta berusaha menangani kesulitan tersebut melalui pengajaran remedial merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam kegiatan mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dalam mempelajari materi matematika pada pokok bahasan lingkaran dan menentukan bentuk pengajaran remidial yang sesuai. Pengajaran remidial tersebut dilakukan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi. Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data penelitian yang digunakan meliputi data tertulis berupa jawaban-jawaban siswa pada ulangan harian (tes diagnosis) berupa kata-kata yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa siswa serta hasil pengamatan terhadap proses belajar-mengajar selama penelitian berlangsung. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) Melaksanakan (tes diagnosis) ulangan harian (2) Menentukan jenis kesulitan yang dialami siswa berdasarkan jawaban-jawaban mereka (3) Menentukan subyek penelitian yaitu siswa yang belum mencapai SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yang diterapkan (4) Mewawancarai subyek penelitian untuk mendapatkan informasi lebih sehingga dapat menyimpulkan letak kesulitan siswa (5) Melaksanakan pengajaran remidial (6) Melaksanakan ulangan remidi II (7) Melakukan analisis data yang meliputi reduksi data penyajian data dan verifikasi. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam mempelajari materi lingkaran secara umum adalah (1) Kesulitan dalam menggunakan konsep tentang bagian-bagian lingkaran (2) Kesulitan dalam menggunakan konsep yang merupakan prasyarat untuk menghitung keliling dan luas lingkaran. (3) Kesulitan dalam menggunakan konsep sudut pusat panjang busur luas juring dan luas tembereng. (4) Kesulitan dalam menggunakan konsep untuk menghitung ukuran sudut (5) Kesulitan dalam menggunakan konsep untuk menghitung jari-jari lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga (6) Kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita (7) Kesulitan dalam melakukan komputasi. Pengajaran remedial dilakukan untuk membantu siswa mengatasi masalah-masalah mereka tersebut. Pengajaran remidial yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) pengajaran remidial secara berkelompok bagi siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal P1 (2) pengajaran remidial secara klasikal dengan menekankan pada pemahaman siswa yang masih belum benar (3) pemberian PR (4) meminta siswa mempelajari kembali bahan yang sama dari buku yang mereka miliki. Peneliti berharap guru segera mengadakan pengajaran remidial terhadap siswa setelah menemukan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa melalui diagnosis kesulitan tersebut. Peneliti juga berharap akan ada penelitian sejenis pada masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15087

Actions (login required)

View Item View Item