Penerapan metode nearest insertion heuristic pada vehicle routing problem with time window / Atik Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode nearest insertion heuristic pada vehicle routing problem with time window / Atik Wijayanti

Atik Wijayanti (2009) Penerapan metode nearest insertion heuristic pada vehicle routing problem with time window / Atik Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah distribusi adalah bagian dari permasalahan penyediaan barang dan atau jasa dari depot (pusat distribusi) ke customer yang tersebar diberbagai lokasi. Kondisi lokasi customer yang tersebar seringkali menyebabkan kendaraan harus menempuh perjalanan yang jauh dan tidak efisien. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Vehicle Routing Problem (VRP). Dalam skripsi ini dibahas Vehicle Routing Problem with Time Window (VRPTW) yang merupakan pengembangan dari VRP dengan penambahan kendala waktu. Permasalahan VRPTW yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan metode Nearest Insertion Heuristic. Selain metode Nearest Insertion Heuristic salah satu metode yang telah dibahas untuk menyelesaikan VRPTW adalah algoritma Clark and Wrigth. Penyelesaian contoh soal pada bab 3 yang dikerjakan dengan menggunakan metode Nearest Insertion Heuristic menghasilkan 3 rute dengan jarak tempuh 899 km untuk Contoh 1 dan untuk Contoh 2 diperoleh 4 rute dengan jarak tempuh 109 km. Sedangkan penyelesaian contoh soal yang dikerjakan dengan menggunakan algoritma Clark and Wrigth menghasilkan 3 rute dengan jarak tempuh 974 km untuk Contoh 1 dan untuk Contoh 2 diperoleh 4 rute dengan jarak tempuh 116 km. Dari lima contoh soal terlihat bahwa metode Nearest Insertion Heuristic menghasilkan rute dengan jarak tempuh yang lebih minimum. Dengan demikian metode Nearest Insertion Heuristic dapat digunakan sebagai alternatif untuk menentukan rute yang optimal selain algoritma Clark and Wrigth. Untuk memeriksa kebenaran hasil dari permasalahan VRPTW yang dikerjakan manual dengan menggunakan metode Nearest Insertion Heuristic dipakai alat bantu komputer dengan menggunakan program Borland Delphi 0.7.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item View Item