Efektivitas pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang pada pokok bahasan limit fungsi aljabar / Nila Nirmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang pada pokok bahasan limit fungsi aljabar / Nila Nirmala

Nila Nirmala (2009) Efektivitas pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang pada pokok bahasan limit fungsi aljabar / Nila Nirmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 2 Malang khususnya untuk pelajaran matematika metode pembelajarannya masih ada yang menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif salah satunya adalah dengan pembelajaran konstruktivisme. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif. Walaupun matematika bersifat deduktif namun pembelajaran matematika sendiri bersifat induktif karena diperlukan adanya ilustrasi atau contoh-contoh sebelum formulasi formal dari matematika disampaikan kepada siswa. Melalui pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut karena dalam pembelajaran ini siswa diberi kesempatan untuk mencari bertanya dan mengkonstruksi sendiri konsep matematika berdasarkan pengetahuan awal yang dimilikinya. Pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif dapat memotivasi siswa untuk belajar dan bekerjasama dalam kelompok. Tahap-tahap dalam pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif yaitu 1) penyajian materi 2) belajar dan diskusi kelompok 3) kuis/tes akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan limit fungsi aljabar. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei selama enam kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Malang yang berjumlah 39 siswa. Data dalam penelitian diperoleh dari 1) data hasil tes 2) data hasil observasi aktivitas guru kelompok dan subyek yang diperhatikan secara intensif 3) data hasil wawancara 4) data hasil catatan lapangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan induktif efektif diterapkan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang pokok bahasan limit fungsi aljabar serta dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan rata-rata kelas tes II dibandingkan dengan rata-rata kelas tes I yaitu dari 72 79 meningat menjadi 88 87. Selain itu lebih dari 75% (92 3%) dari seluruh siswa telah tuntas belajar dan memperoleh nilai minimal 70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15080

Actions (login required)

View Item View Item