Pengembangan modul pembelajaran pokok bahasan himpunan untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu oada masalah kontekstual, penggunaan model, dan kontribusi siswa / Lailatin Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran pokok bahasan himpunan untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu oada masalah kontekstual, penggunaan model, dan kontribusi siswa / Lailatin Fitriyah

Lailatin Fitriyah (2009) Pengembangan modul pembelajaran pokok bahasan himpunan untuk siswa SMP kelas VII yang mengacu oada masalah kontekstual, penggunaan model, dan kontribusi siswa / Lailatin Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul merupakan suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan secara khusus dan jelas. Adapun tujuan pengembangan modul yang dilakukan penulis adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran khusus pokok bahasan himpunan. Modul himpunan yang dikembangkan ini berdasarkan kurikulum 2006 dan mengacu pada masalah kontekstual penggunaan model dan kontribusi siswa. Materi himpunan ini merupakan salah satu bahan kajian siswa SMP kelas VII semester 2. Modul ini terdiri dari lima unit kegiatan yaitu (1) Pengertian himpunan (2) Himpunan kosong dan himpunan semesta (3) Diagram Venn (4) Himpunan bagian dan (5) Irisan Gabungan Selisih dan Komplemen pada himpunan. Masing-masing unit memuat kegiatan belajar yang akan mengantarkan siswa dalam memahami konsep himpunan. Untuk meningkatkan kualitas modul penulis melakukan validasi isi. Pada validasi ini diperoleh penilaian komentar dan saran dari para validator modul. Penilaian komentar dan saran tersebut digunakan sebagai bahan revisi modul selanjutnya. Pada validasi ini melibatkan lima validator yaitu dua dosen matematika dan tiga guru matematika SMP. Berdasarkan data penilaian hasil validasi diperoleh bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan adalah valid. Akan tetapi revisi terhadap modul masih tetap dilakukan sesuai dengan komentar dan saran dari para validator. Kelebihan dari modul yang dikembangkan yaitu materi sesuai dengan kurikulum 2006 dan kegiatan belajar yang disajikan bersifat realistik sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan pembelajaran himpunan lebih bermakna. Adapun kelemahannya yaitu modul ini belum diujicobakan kepada siswa. Dengan demikian disarankan bagi pengembang selanjutnya untuk mengujicobakan modul ini atau modul yang dikembangkannya kepada siswa. Walaupun demikian modul ini dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item