Pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya untuk memahamkan konsep volume bangu ruang siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Puji Rahayu Ferdiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya untuk memahamkan konsep volume bangu ruang siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Puji Rahayu Ferdiningsih

Puji Rahayu Ferdiningsih (2009) Pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya untuk memahamkan konsep volume bangu ruang siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Puji Rahayu Ferdiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya merupakan bentuk pembelajaran yang terdiri dari empat langkah penyelesaian masalah yaitu memahami masalah merencanakan strategi melaksanakan strategi dan melihat kembali. Pembelajaran ini dimulai dengan pemberian masalah yang selanjutnya siswa berlatih memahami menyusun strategi dan melaksanakan starategi sampai dengan kesimpulan. Guru membimbing siswa pada setiap langkah penyelesaian masalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada konsep Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya yang dapat memahamkan konsep volume bangun ruang siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah kelas siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Data diperoleh dari 4 instrumen yaitu tes wawancara observasi dan catatan lapangan. Pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya yang dapat memahamkan konsep volume bangun ruang terdiri atas tiga kegiatan yaitu kegiatan awal inti dan akhir. Pembelajaran dimulai dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil pengecekan pengetahuan awal siswa kemudian diberi LKS yang berisi permasalahan. Kelompok-kelompok kecil tersebut terdiri atas siswa yang berkemampuan tinggi sedang dan rendah. Siswa menyelesaikan permasalahan dalam diskusi kelompok kecil dengan langkah Polya kemudian dibahas dan dipresentasikan dalam diskusi kelas. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya dapat memahamkan konsep volume bangun ruang. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti menyarankan sebaiknya pembelajaran dengan pendekatan problem solving model Polya dijadikan sebagai alternatif yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran khususnya untuk SMA Laboratorium Univerisitas Negeri Malang. Bagi peneliti lain yang ingin menerapkan bentuk pembelajaran ini dapat melakukan penelitian serupa terhadap materi yang lain ABSTRACT Ferdiningsih Puji Rahayu. 2007. The Learning with Polya s Model of Problem Solving Approach to Make The Students Comprehend The Concept Volume of Solids for The Students of Year X of SMA Laboratorium State University of Malang. Thesis Major of Mathematics Education Department of Mathematics Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisor (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi M. Pd (II) Drs. Slamet M. Si

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15074

Actions (login required)

View Item View Item