Penerapan model pembelajaran problem posing dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMA Ardjuna Malang kelas XI Program Studi IPS pada pokok bahasan turunan fungsi / Anggun Fuany

Anggun Fuany (2009) Penerapan model pembelajaran problem posing dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMA Ardjuna Malang kelas XI Program Studi IPS pada pokok bahasan turunan fungsi / Anggun Fuany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dengan problem posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat soal berdasarkan informasi yang diberikan. Kegiatan membuat soal melatih siswa untuk aktif, kreatif, dapat mengembangkan daya pikir serta menimbulkan sikap positif siswa. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS SMA Ardjuna Malang mempunyai prestasi belajar yang rendah khususnya pada mata pelajaran matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah model pembelajaran yang diterapkan. Informasi yang diperoleh, belum banyak model pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut, termasuk model pembelajaran problem posing. Permasalahan ini yang mendorong peneliti untuk menerapkan pembelajaran model problem posing di SMA Ardjuna Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran Turunan Fungsi dengan menggunakan model pembelajaran problem posing pada siswa kelas XI program studi IPS SMA Ardjuna Malang. Dalam pembelajaran problem posing siswa diberikan informasi kemudian siswa membuat soal dari informasi yang diberikan secara berkelompok sekaligus menyelesaikan soal yang dibuat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar obsevasi, lembar penilaian afektif, wawancara, catatan lapangan dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model problem posing. Siswa mampu membuat soal berdasarkan informasi yang diberikan. Soal yang dibuat siswa merupakan soal matematika yang dapat diselesaikan. Sedangkan kegiatan pembelajaran problem posing membawa dampak positif bagi siswa, antara lain dapat meningkatkan keaktifan siswa. Disamping itu pembelajaran dengan model problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Ardjuna Malang. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaran problem posing, karena dapat membantu siswa dalam memahami materi dan mampu meningkatkan motivasi belajar serta prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru matematika atau peneliti yang ingin menerapkan problem posing dalam pembelajaran matematika hendaknya memberikan informasi yang bervariasi sehingga siswa dapat membuat soal dengan struktur sintaksis yang tinggi, dan hendaknya dapat memanfaatkan waktu yang seefektif mungkin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item