Pengembangan modul pada materi segi empat dan segi tiga untuk kelas VII semester II dengan metode penemuan / Tri Puji Rahayuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pada materi segi empat dan segi tiga untuk kelas VII semester II dengan metode penemuan / Tri Puji Rahayuningsih

Tri Puji Rahayuningsih (2009) Pengembangan modul pada materi segi empat dan segi tiga untuk kelas VII semester II dengan metode penemuan / Tri Puji Rahayuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada tiga hal utama yang berkaitan dengan matematika yaitu bahwa matematika mempunyai banyak kegunaan matematika sebagai teknik berpikir dan matematika sebagai budaya manusia. Berdasarkan tiga hal tersebut perlu dikembangkan suatu keterampilan yaitu siswa perlu mempelajari matematika secara mendalam. Salah satunya melalui pengembangan bahan ajar yaitu modul yang menyertakan proses menemukan bagi siswa. Oleh karena itu dalam penulisan ini dikembangkan modul pada materi segi empat dan segi tiga untuk kelas VII semester II dengan metode penemuan. Modul adalah salah satu bahan ajar tertulis yang membahas suatu topik atau pokok bahasan yang disusun dalam bentuk tertentu serta terencana untuk keperluan belajar dan alat ukur kemampuan pebelajar. Dalam pembelajaran dengan modul siswa diharapkan berperan lebih aktif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung keaktifan siswa adalah metode penemuan. Metode penemuan merupakan suatu cara untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui proses menemukan. Guna penyempurnaan dan untuk meningkatkan kualitas modul penulis melakukan validasi isi. Untuk memperoleh data pada validasi isi diperlukan penilaian dan tanggapan terhadap modul. Penilaian dan tanggapan tersebut diperoleh dari angket yang telah diisi oleh validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika 2 guru matematika dan seorang mahasiswa pendidikan matematika semester akhir. Hasil dari angket tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata total penilaian 86 31%. Walaupun sudah dinyatakan sangat valid revisi tetap dilakukan pada beberapa bagian yang ditunjukkan oleh validator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item