Penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan pembagian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Kebonsari 1 Malang / Lailatus Sofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan pembagian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Kebonsari 1 Malang / Lailatus Sofa

Lailatus Sofa (2010) Penerapan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan pembagian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Kebonsari 1 Malang / Lailatus Sofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofa Lailatus. 2007. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistiik Pada Pokok Bahasan Pembagian Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II di SD Negeri Kebonsari 1 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Makbul Muksar S. Pd M. Si (II) Dr. Cholis Sa dijah M. Pd M. A. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistik motivasi hasil belajar. Perkembangan dan perubahan yang terjadi di dalam kehidupan yang berlangsung secara terus menerus menuntut perbaikan system pendidikan nasional. Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah penyempurnaan kurikulum dan salah satu kurikulum yang disempurnakan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti selama proses pembelajaran matematika di SD Negeri Kebonsari 1 disimpulkan bahwa kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. oleh karena itu peneliti menganggap penting melakukan penelitian guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang merupakan salah satu dari pendekatan pembelajaran digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 1. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Tempat pelaksanaannya di SDN Kebonsari 1 dan dilaksanakan mulai tanggal 4 21 April 2007 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa berdasarkan lembar observasi angket respon dan tes. Berdasarkan lembar observasi ditunjukkan adanya kenaikan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke sikus II yaitu pada aspek minat 36% aspek perhatian 21% dan aspek ketekunan 22%. Sedangkan berdasarkan angket respon motivasi belajar siswa mengalami peningkatan persentase sebesar 12% dari siklus I ke siklus II. Hasil tes juga menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa. Rata-rata skor hasil belajar meningkat dari 78 pada siklus I menjadi 83 pada siklus II sedangkan jika dilihat dari taraf keberhasilan siswa peningkatan hasil belajar ditandai dengan tidak ditemukannya lagi siswa dengan kategori taraf keberhasilan sangat kurang (SK) menurunnya siswa dengan kategori taraf keberhasilan kurang (K) yaitu dari 11 % pada siklus I menjadi 6% pada siklus II dan meningkatnya persentase taraf keberhasilan sangat baik yaitu dari 28% pada siklus I menjadi 44% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item