MODEL INDUKSI ONLINE KEPALA SEKOLAH DASAR BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN MALANG - Repositori Universitas Negeri Malang

MODEL INDUKSI ONLINE KEPALA SEKOLAH DASAR BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN MALANG

Nurabadi, Ahmad and Ibrahim, Bafadal and Soepriyanto, Yerry and Gunawan, Imam and Pratiwi, Firda and Ariyanti, Nova Syafira and Fatihin, M. Khoirul and Hung, Min-Ling (2020) MODEL INDUKSI ONLINE KEPALA SEKOLAH DASAR BERBASIS PORTOFOLIO SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN DI KABUPATEN MALANG. Technical Report. UNIVERSITAS NEGERI MALANG.

[img] Text
Penelitian-2020-Nurabadi-Bafadal-Yerry-UM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas utama dari sekolah atau lembaga pendidikan adalah menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu. Tidak akan ada peningkatan kualitas lembaga sekolah tanpa peningkatan kualitas dan mutu pembelajarannya (Lunenburg, 2010). Keefektifan penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas mempersyaratkan adanya seorang kepala sekolah yang mempunyai kepemimpinan pembelajaran unggul (Lunenburg, 2010, Bafadal, Nurabadi, dan Sobri, 2016). Terdapat korelasi yang sangat signifikan antara keefektifan manajemen sekolah dan kinerja kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah (Bafadal, 2015). Sehingga, kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang unggul sebagai pemimpin pembelajaran serta pemimpin pendidikan. Pengembangan kompetensi kepala sekolah dasar tidak mudah dilakukan, sehingga diperlukan sebuah perangkat program induksi online yang efektif bagi kepala sekolah yang dapat digunakan para kepala sekolah dimanapun berada secara online dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya secara individual. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah untuk menerapkan model induksi online berbasis portofolio yang dapat digunakan para kepala sekolah secara online dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya sehingga dapat dengan cepat dan tepat menjadi pemimpin pembelajaran yang unggul. Tujuan khusus penelitian ini adalah menyusun, melakukan uji ahli, melakukan uji empirik, dan finalisasi model induksi online yang efektif dalam meningkatkan kompetensi pemimpin pembelajaran. Berdasarkan tujuan penelitian, maka metede penelitian akan dilanjutkan dengan Research and development versi Borg dan Gall (1992). Sasaran penelitian adalah sejumlah kepala sekolah dasar di kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner tertutup dan terbuka. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif tendency central (Sugiyono, 2016), sedangkan analisis data kualitatif dengan analisis isi (content) (Miles dan Huberman, 1984). Hasil riset adalah website yang dapat digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah dan juga dapat mengukur level kepemimpinan pembelajaran. Hasil pengukuran variabel kepemimpinan pembelajaran termasuk dalam kategori baik, dengan skor mean = 49,70. Website program induksi bagi kepala sekolah ini memiliki potensi untuk terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan ilmu manajemen pendidikan. Kata kunci: induksi online, portofolio, pemimpin pembelajaran

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Laporan Karya Ilmiah FIP
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:33
Last Modified: 01 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1506

Actions (login required)

View Item View Item