Meningkatkan kualitas pertanyaan siswa melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 1 / Naning Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kualitas pertanyaan siswa melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 1 / Naning Kurniawati

Naning Kurniawati (2009) Meningkatkan kualitas pertanyaan siswa melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas II SD Negeri Kebonsari 1 / Naning Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika memilki peranan penting dalam memajukan kemampuan bernalar siswa. Matematika merupakan cara berfikir yang logis dan matematis. Oleh karena itu pembelajaran matematika yang tepat harus sudah dimulai sejak pendidikan sekolah dasar. Observasi awal yang dilakukan di SD Negeri Kebonsari 1 kelas 2 menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah ceramah sehingga pembelajaran hanya terpusat pada guru. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan tidak ada pertanyaan yang diajukan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang interaktif dan dapat memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang berkualitas dari siswa sehingga pembelajaran berlangsung dari dua arah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pertanyaan siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 4-21 April 2007 dengan banyaknya siswa 18. Sedangkan hasil penelitian disajikan secara deskriptif. Pembelajaran matematika realistik yang diterapkan diawali dengan pemberian masalah-masalah kontekstual yang dilengkapi dengan alat-alat peraga. Masalah kemudian didiskusikan secara kelompok. Hasil diskusi kelompok disajikan dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari masalah yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik meningkatkan kualitas pertanyaan siswa kelas II SD Negeri Kabonsari 1 pada materi pokok pembagian. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran matematika realistik yang lebih interaktif dengan mengembangkan masalah-masalah yang lebih kontekstual dan mengembangkan alat peraga yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item