Diagnosis kesulitan belajar materi fungsi pada siswa kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Ledug Prigen Kabupaten Pasuruan dan pengajaran remedinya / oleh Nurnaeni Fauziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan belajar materi fungsi pada siswa kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Ledug Prigen Kabupaten Pasuruan dan pengajaran remedinya / oleh Nurnaeni Fauziyah

Nurnaeni Fauziyah (2009) Diagnosis kesulitan belajar materi fungsi pada siswa kelas VIII di MTs. Miftahul Huda Ledug Prigen Kabupaten Pasuruan dan pengajaran remedinya / oleh Nurnaeni Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu hambatan yang dihadapi dalam mencapai tujuan pembelajaran adalah adanya siswa yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari suatu materi dalam matematika hendaknya harus segera diatasi karena akan berpengaruh pada penguasaan siswa pada materi selanjutnya. Dengan mengetahui kesulitan yang dialami siswa selanjutnya dapat dirancang pengajaran remedial yang bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa Mts. Mifatahul Huda dalam mempelajari materi fungsi serta memberikan bentuk pengajaran remedial yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTs. Miftahul Huda Ledug kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa adalah (1) menentukan siswa yang mengalami kesulitan belajar (2) menentukan jenis kesulitan belajar yang dialami siswa (3) mencari faktor penyebab kesulitan belajar (4) merencanakan pengajaran remedial yang sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi fungsi yaitu (1) kesulitan dalam memahami konsep fungsi (2) kesulitan dalam memahami dan menggunakan konsep prasyarat diantaranya adalah konsep himpunan (3) Kesulitan dalam memahami dan menggunakan prinsip yang berkaitan dengan materi fungsi yaitu cara menyatakan fungsi menghitung nilai fungsi dan menyusun tabel fungsi (4) kesulitan dalam memahami dan menggunakan prinsip yang berkaitan dengan meteri prasyarat yaitu cara penulisan himpunan menentukan anggota suatu himpunan yang dinyatakan dengan cara deskripsi dan kesulitan dalam operasi bilangan bulat (5) kesulitan algoritma dalam menentukan prapeta dari suatu nilai fungsi dan menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui (6) Kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk verbal. Metode pengajaran remedi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengajaran remedi yang dilakukan pada kelompok kecil. Setiap kelompok terdiri dari tiga orang siswa. Ada dua bentuk pengajaran remedi yang dilakukan yaitu (1) mengajarkan kembali materi yang belum dipahami siswa dengan metode yang berbeda dari pengajaran sebelumnya (2) memberikan tugas rumah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian sejenis pada materi yang lain. Dan pengajaran remedi yang dilakukan hendaknya direncanakan dengan baik sehingga pengajaran remedi yang dilakukan benar-benar dapat mengatasi kesulitan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item