Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang strategi pembuktian melalui model pembelajaran langsung / oleh Jumadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang strategi pembuktian melalui model pembelajaran langsung / oleh Jumadi

Jumadi (2010) Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang strategi pembuktian melalui model pembelajaran langsung / oleh Jumadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesadaran tentang pentingnya pengembangan penalaran deduktif di seko-lah telah melahirkan rekomendasi agar bukti diberikan peran yang lebih menonjol dalam kurikulum sekolah. Implementasi dari rekomendasi ini membutuhkan guru-guru matematika yang memiliki pandangan dan pemahaman yang kuat tentang bukti. Sehingga banyaknya mahasiswa pendidikan matematika (calon guru mate-matika) yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menyusun bukti meru-pakan masalah kritis yang perlu mendapat penyelesaian. Kesulitan dalam bekerja dengan bukti banyak bersumber karena kekurang mampuan dalam merancang strategi pembuktian. Penelitian ini dimaksudkan un-tuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang strategi pembuktian. Startegi pembuktian difokuskan pada penerapan metode modus ponens dan mo-dus tollens dua metode dasar yang banyak sekali digunakan dalam pembuktian. Kerangka pikir yang digunakan kesadaran bahwa strategi pembuktian merupakan implementasi langsung dari metode deduksi dan dilanjutkan latihan yang cukup akan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang strategi pembuktian. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan subyek se-jumlah 23 mahasiswa semester IV implementasi model pembelajaran langsung dapat efektif untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang stra-tegi pembuktian. Dalam model ini materi pembelajaran difokuskan pada (1) kri-teria implikasi yang benar dan implementasinya pada prosedur pembuktian (2) identifikasi kegunaan definisi/teorema dengan penerapan modus ponens/modus tollens (3) strategi pembuktian dengan modus ponens/modus tollens. Sedangkan untuk pembelajaran langsung (a) presentasi efektif bila (1) interaktif (2) pemodelan disertai think aloud (3) pemecahan materi menjadi sub-sub materi yang sederhana dan (b) latihan optimal bila (1) ada interaksi mahasiswa satu dengan lainnya (2) ada kesempatan mahasiswa mempresentasikan hasil kerja dan (3) dosen proaktif untuk memberikan bimbingan umpan balik dan penguatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item