Pengaruh profitabilitas dan leverage perusahaan terhadap earnings response ceofficient (erc) dengan pengungkapan corporate social responsibility (csr) sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perushaaan pertambangan yang terdaftar di bei tahun 2014-2016)/ Dena Novarina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profitabilitas dan leverage perusahaan terhadap earnings response ceofficient (erc) dengan pengungkapan corporate social responsibility (csr) sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perushaaan pertambangan yang terdaftar di bei tahun 2014-2016)/ Dena Novarina

Novarina, Dena (2020) Pengaruh profitabilitas dan leverage perusahaan terhadap earnings response ceofficient (erc) dengan pengungkapan corporate social responsibility (csr) sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perushaaan pertambangan yang terdaftar di bei tahun 2014-2016)/ Dena Novarina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novarina Dena. 2019. Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Perusahaan Terhadap Earnings Response Coefficient Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Profitabilitas Leverage Earnings Response Coefficient Corporate Social Responsibility. Earnings Response Coefficient merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui kualitas informasi laba serta bagaimana investor bereaksi terhadap informasi laba akuntansi. Berdasarkan teori sinyal keuntungan dan kerugian yang dihasilkan oleh perusahaan akan menjadi berita baik dan buruk di pasar modal. Informasi mengenai profitabilitas yang diungkapkan oleh perusahaan dapat menjadi berita baik di pasar modal dan akan menarik minat investor sebaliknya informasi mengenai leverage dapat menjadi berita buruk di pasar modal dan akan menurunkan minat investor. Selain itu perusahaan juga mengungkapkan informasi non financial yaitu pengungkapan corporate social responsibility yang akan menjadi bahan pertimbangan keputusan investasi di pasar modal. Pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi dikarenakan adanya ketentuan bagi perusahaan pertambangan untuk melaksanakan kewajiban sosial dan lingkungan. Penelitian tentang profitabilitas dan corporate social responsibility terhadap earnings response coefficient masih menghasilkan kesimpulan yang beragam sehingga dilakukan penelitian kembali dengan menambah variabel leverage dengan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengungkapan corporate social responsibility mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan leverage terhadap earnings response coefficient. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi berupa laporan tahunan perusahaan pertambangan secara berturut-turut di BEI pada tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan uji interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage perusahaan tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient serta pengungkapan corporate social responsibility tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan leverage terhadap earnings response coefficient.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150478

Actions (login required)

View Item View Item