Pengaruh partisipasi anggaran desa dan komitmen organisasi terhadap budget slack / Priska Galuh Citra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh partisipasi anggaran desa dan komitmen organisasi terhadap budget slack / Priska Galuh Citra

Citra, Priska Galuh (2020) Pengaruh partisipasi anggaran desa dan komitmen organisasi terhadap budget slack / Priska Galuh Citra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Citra Priska Galuh. 2020. Pengaruh Partisipasi Anggaran Desa dan Komitmen Organisasi Terhadap Budgetary Slack. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Partisipasi Anggaran Komitmen Organisasi Budgetary Slack. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Partisipasi Anggaran Desa dan Komitmen Organisasi Terhadap Budgetary Slack yang dikaitkan dengan teori keagenan. Hal ini dikarenakan kajian penelitian fokus pada usaha penataan dalam aspek keuangan yang dilakukan dari awal sampai akhir artinya pengelolaan keuangan ini meliputi perencanaan awal penganggaran pelaksanaan pelaporan dan pertanggungjawaban. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada beberapa desa yang ada di Kecamatan Sumbergempol. Sampel sebanyak 34 orang yang memegang anggaran di seluruh desa Kecamatan Sumbergempol. Penelitian ini diambil dari data primer dimana data primer diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara). Alat analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS 17 For Windows. Di akhir uji hipotesis dilakukan analsiis uji dominan untuk mengetahui variable yang paling berpengaruh. Hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap budgetary slack. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode partisipasi pada penyusunan anggaran khususnya di pemerintahan desa Kecamatan Sumbergempol masih memiliki kelemahan yaitu memberikan peluang kepada penyusun anggaran untuk memanfaatkan anggaran sebagai alat untuk memaksimalkan kepentingannya sendiri dengan melakukan budgetary slack. (2) Penelitian ini mendukung teori keagenan karena desa sudah menerapkan manajemen agen dengan baik dan hasilnya partipasi anggaran mempengaruhi adanya budgetary slack. Sedangkan komitmen organisasi berpengaruh negatif pada budgetary slack.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 01:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150476

Actions (login required)

View Item View Item