Analisis kecurangan pelaporan keuangan dengan menggunakan fraud pentagon / Wiwit Rica Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kecurangan pelaporan keuangan dengan menggunakan fraud pentagon / Wiwit Rica Anggraini

Anggraini, Wiwit Rica (2020) Analisis kecurangan pelaporan keuangan dengan menggunakan fraud pentagon / Wiwit Rica Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fraud keuangan merupakan salah satu hal yang menjadi bahaya laten dunia yang kasusnya semakin banyak dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraud pentagon dalam mendeteksi fraudulent financial reporting. Dalam penelitian ini teori fraud pentagon diuji dengan menggunakan tiga belas proksi dari variabel pressure sembilan proksi dari variabel opportunity tiga proksi dari variabel rationalization satu proksi dari variabel capability dan dua proksi dari variabel arrogance. Penelitian ini menggunakan sampel laporan keuangan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam kurun waktu 2009 hingga 2018 yang dinyatakan terindikasi melakukan kecurangan (fraud) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perusahaan yang tidak terindikasi fraud. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pressure opportunity dan rationalization berpengaruh terhadap fraudulent financial reporting sedangkan capability dan arrogance tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial reporting. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu akuntansi khusunya dalam bidang audit. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi investor sebagai bahan pertimbangan investasi serta bagi perusahaan untuk mendeteksi adanya fraud di perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150475

Actions (login required)

View Item View Item