Deteksi financial statement fraud menggunakan fraud pentagon dan ukuran perusahaan / Zakia Masyrihana - Repositori Universitas Negeri Malang

Deteksi financial statement fraud menggunakan fraud pentagon dan ukuran perusahaan / Zakia Masyrihana

Masyrihana, Zakia (2020) Deteksi financial statement fraud menggunakan fraud pentagon dan ukuran perusahaan / Zakia Masyrihana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Financial statement fraud merupakan salah satu masalah serius dan menjadi ancaman bagi berbagai pihak yang menggunakan laporan keuangan untuk pengambilan keputusan seperti pemangku kepentingan terutama bagi investor. Pengungkapan laporan keuangan yang tidak sesuai kondisi asli dianggap sebagai salah satu cara yang disengaja untuk memperbaiki kondisi keuangan perusahaan. Tujuan penelitian yaitu mendeteksi financial statement fraud dengan elemen dari fraud pentagon (tekanan kesempatan rasionalisasi kemampuan arogansi) dan ukuran perusahaan. Data yang diperoleh yaitu data sekunder dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018 dengan menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 160 sampel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan program software SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel tekanan yang diproksikan dengan financial stability kesempatan yang diproksikan dengan nature of industry rasionalisasi yang diproksikan dengan perubahan auditor dan variabel ukuran perusahaan terbukti berpengaruh terhadap financial statement fraud. Sedangkan dua variabel lain yaitu kemampuan dengan proksi perubahan direksi dan arogansi dengan proksi jumlah foto CEO yang terpampang pada laporan keuangan tidak terbukti berpengaruh terhadap financial statement fraud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150470

Actions (login required)

View Item View Item