dampak voluntary dan involuntary intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan / anin dyah luthfiani - Repositori Universitas Negeri Malang

dampak voluntary dan involuntary intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan / anin dyah luthfiani

Luthfiani, Anin Dyah Luthfiani (2021) dampak voluntary dan involuntary intellectual capital disclosure terhadap nilai perusahaan / anin dyah luthfiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era digital telah mengubah struktur aset perusahaan dan model bisnis. Hal ini menyebabkan perusahaan membutuhkan lebih banyak sumber daya yang dapat memberikan nilai tambah agar memiliki daya saing salah satunya modal intelektual. Penelitian terdahulu seringkali menggunakan laporan tahunan sebagai media pengungkapan modal intelektual. Namun laporan tahunan memiliki keterbatasan karena belum mampu mengidentifikasi kedalaman informasi modal intelektual. Penelitian ini memperbaiki penelitian sebelumnya dengan mengangkat konsep pengungkapan baru yaitu secara involuntary untuk melihat bagaimana reputasi perusahaan bisa dipengaruhi oleh informasi yang dihasilkan oleh stakeholders dan pihak lain di luar manajemen. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data baru melalui media sosial dan media bisnis online untuk mengukur informasi pengungkapan modal intelektual selain di laporan tahunan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengungkapan modal intelektual secara voluntary dan involuntary pada nilai perusahaan. Sampel penelitian ini menggunakan perusahaan perbankan yang terdaftar BEI tahun 2019. Data modal intelektual diperoleh dari laporan tahunan dan sumber pengungkapan baru berbasis internet yaitu media sosial dan media bisnis online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan modal intelektual berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Temuan penting ini menunjukkan bahwa perusahaan perbankan harus menerapkan strategi manajemen dalam mengelola informasi modal intelektual untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150457

Actions (login required)

View Item View Item