Perbedaan prediksi financial distress menggunakan model almamy j-score dan altman z-score / Ayuriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prediksi financial distress menggunakan model almamy j-score dan altman z-score / Ayuriani

Ayuriani (2020) Perbedaan prediksi financial distress menggunakan model almamy j-score dan altman z-score / Ayuriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Financial distress merupakan kondisi sebuah perusahaan mengalami kesulitan dalam keuangan sebelum terjadinya kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prediksi financial distress perusahaan menggunakan model Almamy J-Score dan Altman Z-Score. Perbedaan dari kedua model tersebut adalah model Almamy J-Score menggunakan rasio arus kas operasi sebagai rasio keuangan tambahan dari model Altman Z-Score. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2010-2019 dengan jumlah 25 perusahaan. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan beberapa kriteria tertentu dan diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji regresi logistik dengan menggunakan SPSS versi 22. Uji regresi logistik digunakan untuk melihat pengaruh kedua model dalam memprediksi kondisi financial distress perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Almamy J-Score dan Altman Z-Score berpengaruh terhadap prediksi financial distress perusahaan ritel di Indonesia. Akan tetapi model Almamy J-Score berdasarkan hasil dari uji tingkat akurasi mempunyai presentase yang lebih tinggi yaitu 46 7% daripada model Altman Z-Score sebesar 39 1%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model Almamy J-Score lebih baik memprediksi financial distress perusahaan ritel di Indonesia sesuai dengan hipotesis penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/150443

Actions (login required)

View Item View Item