Pembelajaran sistem persamaan linear dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME) pada siswa Kelas I SMU Negeri I Boyolangu Tulungagung 2003-2004 oleh Dewi Lestari

Lestari, Dewi (2001) Pembelajaran sistem persamaan linear dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME) pada siswa Kelas I SMU Negeri I Boyolangu Tulungagung 2003-2004 oleh Dewi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah pokok pada penelitian ini adalah'kesulitan siswa SMUN I BoyolanguT ulungagungd alam menyelesaikans oal cerita SPLTV yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapatm eningkatkanp emahamans iswa. Salah satu pembelajarans emacami tu adalah pembelajaran SPLTV dengan menggunakan pendekatan RME, karena pembelajaran dengan pendekatan ini melibatkan siswa secara aktif untuk menemukanse ndiri konsepm atematikay ang diawali denganp emberianm asalah realistik Masalah penelitian ini dapat dirumuskan (l) bagaimana bentuk pembelajaranS PLTV denganp endekatanR ME, (2) bagaimanakahre spons iswa terhadap pembelajaran SPLTV dengan menggunakan RME, (3) apakah pembelajaran SPLTV dengan menggunakan pendekatan RME dapat meningkatkahna sil belajars iswa. Untuk menjawab masalah di atas, peneliti melakukan penelitian dangan menggmakanp endekatank ualitatif dan jenis penelitian yang digunakana dalah penelitiant indakank elas.P enelitian tindakan kelas ini dilatrukanp adas atu kelas tcrtentu yang dilaksanakan dzlam 2 siklus. Dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap,y aitu: (1) perencanaan(,2 ) pelaksanaanti ndakan, (3) observasi,d an (4) refletsi. Penelitian ini dilaksanakan di SMLIN I Boyolangu Tulungagung tahun pelajaran2 0032004.S ubjekp enelitiannyaa dalahk etasI -5. Bentukp embelajaranS PLTV denganp endekaun RME ini menggunakan strategi3 tahapan"y aitu: (1) tahap pendahuluarU(2 ) tahap inti, dan (3) trhap penyimpulan yang dilaksanakan dengan pola klasikal dan kelompok dengan menggunakalenm bark egiatans iswa( LKS) yang berisi masalahr ealistik. Berdasarkanh asil pengamatanp eneliti selama2 siklus dan didukungo leh hasil angket respon siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini adalah positif. Artinya siswa merasa senang dengan pembelajaran SPLTV dengan menggunakan pendekatan RME. Selain itu hasil tes akhir tindakan siklus I dan II menunjukkan peningkatan. Dengan demikian terjadi perungkatanp emahamans iswa terhadap materi SPLTV yang diajarkan melalui pendekalaRn ME. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang dapat diajukank epadap emerhatip endidikaq guru atau peneliti yaitu: sebailcryab entuk pembelajarand enganp endekatanR ME dibuat melalui strategit iga tahapany ang dilaksanakadne nganp ola klasikal dan kelompok denganm enggunakanL KS yang berorienasi RME ini layak dipertimbangkan sebagai altematif unhrk peinbelajaramn ateri SPLTV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item