Sekolah lampu merah: sebuah perancangan film pendek tentang pentingnya pendidikan / Farid Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sekolah lampu merah: sebuah perancangan film pendek tentang pentingnya pendidikan / Farid Firmansyah

Firmansyah, Farid (2011) Sekolah lampu merah: sebuah perancangan film pendek tentang pentingnya pendidikan / Farid Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perancangan film pendek pendidikan. Pendidikan adalah faktor terpenting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Di Indonesia jumlah akumulasi angka anak putus sekolah tiap tahun mengalami kenaikan 20% sekitar 600 ribu anak menurut survei resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Hal ini tentu sangat tidak sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 pasal 2 yang mengamanatkan negara wajib mencerdaskan kehidupan bangsa. Perancangan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Perancangan film pendek sekolah lampu merah ini menggunakan model perancangan yang bersifat linear dan terdeskripsi langkah-langkah kerjanya sehingga jelas arah berpikir dalam menyusunnya yang disebut sebagai model rasional. Dalam model perancangan rasional langkah-langkah perancangan dilakukan secara sistematik dan terstruktur berurutan dari awal sampai akhir. langkah-langkah dalam metode perancangan meliputi (1) perumusan masalah (2) pengumpulan dan analisis data (3) penetapan konsep perancangan dan (4) program perancangan. Produk yang dihasilkan adalah film pendek yang berjudul sekolah lampu merah berdurasi 10 menit genre yang diangkat adalah drama dengan narasi. Secara umum kelebihan dari film pendek ini adalah pandangannya mengenai problem pendidkan yang global namun dengan penyelesaian masalahnya yang sederhana yaitu kepedulian untuk saling membantu. Kelemahan dari film pendek ini adalah penggunaan alat yang belum sesuai standard pembuatan film profesional pemilihan pemain yang belum maksimal dan jumlah kru film yang terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item