Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo) / Mudiadatul Kusbiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo) / Mudiadatul Kusbiati

Mudiadatul Kusbiati (2009) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (studi deskriptif di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo) / Mudiadatul Kusbiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu isu penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di negara kita saat ini adalah peningkatan mutu atau kualitas pembelajaran. Upaya peningkatan mutu pembelajaran dapat diupayakan dengan melihat dan meningkatkan sistem pengelolaan efektifitas yang bersangkutan. Peningkatan proses pembelajaran ini akan sangat tergantung di antaranya pada pengelola sekolah dan pendekatan yang dilakukan oleh guru. Proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar apabila guru berhasil mengelola kelasnya. Berbicara masalah peningkatan mutu atau kualitas pembelajaran lembaga pendidikan Islam atau yang biasa disebut madrasah terkesan lamban dalam mengantisipasi hal tersebut. Prestasi lulusan madrasah masih jauh tertinggal dengan lulusan pendidikan umum. Bertitik tolak dari latar belakang di atas maka penelitian akan difokuskan pada upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan islam/Madrasah Aliyah tepatnya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk memotivasi siswa dalam belajar untuk mata pelajaran yang di-UN-kan. Selain itu juga mendeskripsikan strategi dan tingkat efektifitas cara mengajar guru dalam penyampaian pembelajaran. Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatf. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran yang di UN-kan di MAN 2 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan instrument pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini tidak menunjukkan adanya upaya guru yang kurangP optimal hal ini dikarenakan dalam mengajar guru hanya menggunakan metode klasikal yaitu ceramah Tanya jawab dan pemberian tugas. Guru belum mencoba metode mengajar yang bervariasi seperti metode cooperative learning discovervy dan metode-metode yang lain. Berdasarkan hasil penelitian saran yang disampaikan 1) alangkah baiknya di waktu yang mendatang guru menerapkan strategi dan metode-metode belajar yang baru yang kiranya dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar 2) Motivasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran harus lebih ditingkatkan lagi 3) Motivasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran harus lebih ditingkatkan lagi 4) untuk penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti melibatkan siswa dalam melakukan penelitian supaya ada koreksi diri dari seorang guru sehingga guru mengetahui kekurangan-kekurangannya dalam mengajar dan mengupayakan peningkatan kualitas proses pembelajaran khususnya di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item