Perancangan profil kesenian tradisional Banyuwangi / Irham Anis Ma'arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan profil kesenian tradisional Banyuwangi / Irham Anis Ma'arif

Ma'arif, Irham Anis (2010) Perancangan profil kesenian tradisional Banyuwangi / Irham Anis Ma'arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci perancangan profil kesenian kesenian tradisional Banyuwangi Kesenian tradisional merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. Peran pemerintah dan masyarakat dalam membangun mengelola serta mengembangkan kesenian tradisional sangat diharapkan guna menjaga kelestarian kesenian tradisional. Segala usaha pelestarian kesenian tradisional dengan dukungan berbagai pihak yang dilakukan secara terus-menerus dan penuh kesadaran diharapkan dapat menjaga kesenian tradisional dari kepunahan. Kabupaten Banyuwangi yang diwarnai oleh budaya Jawa Bali Madura Melayu Eropa dan budaya lokal yang saling mengisi dan menjadi tipikal yang tidak ditemui di wilayah manapun (Pulau Jawa). Kabupaten Banyuwangi memiliki kekayaan kesenian tradisional yang sangat beragam misalnya Gandrung Banyuwangi Seblang Banyuwangi Janger Banyuwangi Rengganis Banyuwangi Hadrah Kunthulan Banyuwangi Patrol Banyuwangi Mocopatan Pacul Goang Banyuwangi Jaranan Butho Banyuwangi Barong Banyuwangi Kebo-Keboan Banyuwangi Angklung Caruk Banyuwangi dan Gedhogan Banyuwangi. Kurangnya kegiatan promosi dan sosialisasi kesenian tradisional Banyuwangi selama ini mengakibatkan masyarakat melupakan kesenian tradisional wilayahnya sendiri. Oleh karena itu diperlukan media yang mampu mempromosikan kesenian tradisional Kabupaten Banyuwangi secara efisien yang mampu menarik minat masyarakat untuk lebih mengenal dan mencintai kesenian tradisional Banyuwangi. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang profil Kesenian Tradisional Banyuwangi secara kreatif estetik efisien dan dapat disampaikan secara visual sehingga menarik minat masyarakat untuk mengenal mencintai dan melestarikan. Model perancangan ini merupakan model perancangan deskriptif diawali dari penulisan latar belakang perumusan masalah dan pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data terdiri dari data perusahaan dan data pemasaran dengan cara observasi dokumentasi dan wawancara. Data yang didapat kemudian dianalisis dan akhirnya menjadi konsep perancangan. Perancangan ini terdiri dari media utama berupa profil kesenian berbasis audiovisual dan media komunikasi visual alternatif lainnya yang digunakan sebagai pendukung. Media pendukung terdiri dari iklan surat kabar billboard poster brosur x-banner kalender dan kaus. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14987

Actions (login required)

View Item View Item