Rahmania, Meilysa Almaidah (2019) Pengaruh celebrity endorser terhadap brand equity melalui brand credibility (studi pada pengguna shampoo Pantene di Indonesia) / Meilysa Almaidah Rahmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmania Meilysa Almaidah. 2019.Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Equity Melalui Brand Credibility (Studi Pada Pengguna Shampoo Pantene di Indonesia) Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata Kunci Celebrity Endorser Brand Credibility Brand Equity Persaingan dalam dunia industri saat ini semakin meningkat persaingan yang terjadi saling memperebutkan dan mempertahankan posisi perusahaan untuk menjadi yang terbaik. Salah satu industri yang mengalami tingkat persaingan yang sangat ketat adalah industri toiletries.PT. Procter Gamble Indonesia sebagai perusahaan penyedia consumer goods yang mempunyai peranan penting di Indonesia menjadi sangat peduli dengan keberadaan merek shampoonya karena ekuitas merek merupakan salah satu pembuat keputusan konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menjelaskan (1) Celebrity endorser brand credibility dan brand equity (2) Pengaruh langsung celebrity endorser terhadap brand equity (3) Pengaruh langsung brand credibility terhadap brand equity (4) Pengaruh langsung dan tidak langsung celebrity endorser terhadap brand equity melalui brand credibility. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shampoo Pantene di Indonesia (infinite population). Sampel dalam penelitian ini sebesar 341 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Daniel dan Terrel. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dan skala semantic differential. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) Celebrity endorser diklasifikasikan sangat menarik (2) Brand credibility diklasifikasikan tinggi (3) Brand equity diklasifikasikan tinggi. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa (1) Celebrity endorser secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand credibility (2) Brand credibility berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap brand equity (3) Celebrity endorser berpengaruh secara langsung positif dan siginifikan terhadap brand equity (4) Celebrity endorser berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap brand equity melalui brand credibility. Hasil koefisien determinasi total menunjukkan bahwa variabel bebas dan variabel intervening memberi pengaruh terhadap variabel terikat. Hasil uji sobel yang telah dilakukan mendapatkan nilai t sebesar 9 2297 (thitung ttabel) yaitu 1 968 maka membuktikan bahwa brand credibility mampu memediasi hubungan pengaruh celebrity endorser terhadap brand equity. Berdasarkan hasil penelitian adapun beberapa saran yaitu (1) Memilih endorser yang kredibel (2) Melakukan sosialisasi produk berupa pemberian sampel produk atau dengan mengadakan experience event yang dapat menumbuhkan brand awareness masyarakat (3) Menambahkan added value pada produk dan menonjolkan diferensiasi produk dengan kompetitor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/149846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |