Pengaruh perceived value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction pada konsumen Miniso / Yessy Okfitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perceived value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction pada konsumen Miniso / Yessy Okfitasari

Okfitasari, Yessy (2019) Pengaruh perceived value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction pada konsumen Miniso / Yessy Okfitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Okfitasari Y. 2019. Pengaruh Perceived Value terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction pada Konsumen Miniso. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd M.M Kata Kunci Perceived Value Customer Satisfaction Repurchase Intention Pertumbuhan bisnis ritel bergerak sangatlah cepat. Para pengusaha bisnis ritel dituntut untuk lebih efektif membuat strategi bersaing agar dapat tetap maju dan dapat bertahan. Konsumen pada hal ini menjadi prioritas utama dalam tujuan strategi pemasaran tersebut sehingga akan menimbulkan minat konusumen untuk membeli kembali di waktu yang akan datang dengan tujuan jangka panjang perusahaan. Perusahaan harus mempertimbangkan dengan baik value pada produk agar konsumen merasa puas akan perceived value dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan karena ketika konsumen merasa puas akan menimbulkan minat pada diri konsumen untuk melakukan pembelian kembali dimasa yang akan datang. Tujuan dalam penelitian ini diantara lain untuk menjelaskan (1) Deskripsi Perceived Value Repurchase Intention dan Customer Satisfaction pada konsumen (2) Besarnya pengaruh Perceived Value secara langsung terhadap Customer Satisfaction pada konsumen Miniso (3) Besarnnya pengaruh Customer Satisfaction secara langsung terhadap Repurchase Intention pada konsumen Miniso (4) Besarnya pengaruh Perceived Value secara langsung terhadap Repurchase Intention pada konsumen Miniso (5) Besarnya pengaruh Perceived Value secara langsung terhadap Repurchase Intention melalui Customer Satisfaction pada konsumen Miniso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Miniso yang pernah melakukan pembelian di Miniso dan berminat untuk melakukan pembelian kembali dimasa yang akan datang sempel yang didapatkan adalah sebanyak 297 responden. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 270 resonden. Teknik sempling dalam penelitian ini adalah purposive sampling yakni dengan pertimbangan kriteria meliputi (1) responden pernah melakukan pembelian produk Miniso (2) responden berminat untuk membeli kembali dimasa yang akan datang. Sementara teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path). Hasil uji analisis statistik deskriptif pada penelitian ini grand mean tertinggi dimiliki oleh variabel perceived value dengan perolehan grand mean sebesar 4 06315 yang kedua adalah variabel customer satisfaction dengan perolehan grand mean sebesar 3 9579 dan selanjutnya pada variabel repurchase intention dengan perolehan grand mean sebesar 3 9335. Hasil uji analisis jalur (path) menunnjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan perceived value terhadap customer satisfaction (2) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan customer satisfaction terhadap repusrchase intention (3) Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung positif signifikan perceived value terhadap repurchase intention melalui customer satisfaction. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran yaitu (1) Miniso untuk lebih menekankan kembali pada penawaran harga yang diberikan kepada konsumen agar lebih dipertimbangkan kembali karena sebagian responden menilai harga pada produk miniso masih terbilang mahal. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian pada produk sejenis dengan perusahaan yang berbeda dan peneliti juga menyarankan untuk menggunakan variabel loyalitas konsumen sebagai variabel eksogen dan trust sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/149821

Actions (login required)

View Item View Item