Pengembangan Media Grafis Bergambar Berbasis Komunikasi Total Untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di Sekolah Dasar Luar Biasa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Grafis Bergambar Berbasis Komunikasi Total Untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di Sekolah Dasar Luar Biasa

Widjajntin, Anastasia and Moh, Efendi and Soepriyanto, Yerry and Surijanta, Surijanta (2008) Pengembangan Media Grafis Bergambar Berbasis Komunikasi Total Untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu Kelas Rendah di Sekolah Dasar Luar Biasa. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

[img] Text
Penelitian-2008-PHB-Anastasia-Efendi-Yerry-Suprijanta-UM.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peneliti: Anastasia Widjajantht, Mohammad Efendi, Yeni Supriyanto, Suprijanta Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang - 2008 Abstrak: Pcnclitian ini bcrtujuan untuk menghasilkan media gratis berbasis komunikasi total yang teruji dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu kelas rendah di SDI,B. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dab= dua tahap. Tahap pertama melalui ekskplorasi dan pengembangan prototype media grafts, sedangkan tahap kedua mengelcsperimcnkan prototype media gratis yang dikembangkan sebelumnya. Respond= penelitian ini adalah guru yang mengajar kelas rendah SDLB di wilayah Malang, Blitar, Tulung Agung, Trenggalek, Pacitan, Madiun, Nganjuk, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, lember, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban. Berdacarkan basil penelitian tahap pertama, media grafts dalam hal ini buku rujukan yang. digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu selama ini menurut mereka tidak sesuai dengan karakteristik anak tunarungu kelas rendah di SDLB. Atas dasar itulah disarankan perlu dikembangkan bahan pembelajaran grafts berbasis komunikasi total, yang dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak tunarungu kelas rendah. Basil validasi terbatas terhadap prototype bahan pembelajaran grafts yang dikembangkan tersebut menurut peneliti cukup memadai. Untuk meningkatkan kredibilitas media grafts dalam format buku ajar yang dikembangkan tersebut, disarankan untuk uji validitas pads pengguna yang lebih besar sebelum diujicobakan dalam skala yang lebih lugs. Namun, sebelum dieksperimenasikan prototipe buku ajar tersebut, ada baiknya jika dilakukan sosialisasi dulu tentang bagaimana cam. pemanfaatan prototipe terebut melalui kursus singkat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Laporan Karya Ilmiah FIP
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 06:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item