Nurrahmawati, Itta Setya (2019) Pengaruh green marketing terhadap minat beli ulang pada produk tupperware (Studi pada pelanggan distributor resmi resmi tupperware di Malang) / Itta Setya Nurrahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nurrahmawati Itta Setya. 2019. Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Ulang pada Produk Tupperware (Studi pada Pelanggan Distributor Resmi Tupperware di Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Djoko Dwi Kusumojanto M.Si Kata kunci Green Marketing Green Product Green Price Green Promotion Green Place Minat Beli Ulang. Dalam era modern saat ini perkembangan akan teknologi semakin melaju pesat sehingga tak dapat dipungkiri bahwa dengan maraknya teknologi yang beredar keadaan dunia juga mengalami kondisi yang tidak baik semakin tahun ke tahun. Sampah yang menumpuk menjadi masalah yang serius bagi lingkungan. Salah satunya yang masih menjadi topik perbincangan hangat dari dulu hingga sekarang adalah semakin bertambahnya sampah plastik dari tahun ke tahun. Dari masalah tersebut menjadikan sebuah peluang tersendiri bagi perusahan untuk menerapkan strategi marketing yang dikenal sebagai green marketing atau yang biasa dikenal sebagai konsep strategi pemasaran ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui deskripsi green marketing dan minat beli ulang pada produk Tupperware (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh green marketing (green product green pricing green promotion green place) secara parsial terhadap minat beli ulang pada produk Tupperware di Malang (3) pengaruh green marketing (green product green pricing green promotion green place) secara simultan terhadap minat beli ulang pada produk Tupperware di Malang (4) untuk mengetahui sub variabel yang dominan pada green marketing yang berpengaruh terhadap minat beli ulang pada produk Tupperware. Jenis penelitian ini deskriptif dan eksplanatory dengan menggunakan pendekatan kuantitatif teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini dari Distributor resmi Tupperware yang berada di kantor Jl. Raya Langsep no 53 Malang memiliki sebanyak 120 member. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sedangkan dalam penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang diperoleh sebanyak 92 responden. Penelitian ini juga menggunakan instrumen berupa kuisioner tertutup dengan skala Likert yang terdiri dari 5 pilihan jawaban. Uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada regresi linier berganda didahului dengan uji asumsi klasik dan dilanjutkan dengan uji t dan uji f. Analisis hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji f dimana menunjukkan kesimpulan (1) pelanggan Tupperware dapat mempersepsikan green marketing dan minat beli ulang secara baik (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan green product terhadap minat beli ulang (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan green price terhadap minat beli ulang (4) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan green promotion terhadap minat beli ulang (5) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan green place terhadap minat beli ulang (6) terdapat pengaruh simultan pada variabel green marketing terhadap minat beli ulang (7) green price merupakan variabel dominan yang mempengaruhi minat beli ulang. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini peneliti menyarankan (1) untuk meningkatkan kualitas produk ramah lingkungan dan melakukan perubahan produk Tupperware yang trendy (2) untuk melakukan lebih banyak promosi potongan harga agar dapat meningkatkan penjualan produk Tupperware (3) untuk memperluas pengenalan image produk Tupperware kepada masyarakat tetang produk ramah lingkungan pada media elektronik atau media cetak (4) memperkenalkan lokasi distribusi resmi Tupperware di Malang agar masyarakat luas agar pendistribusian dapat berjalan dengan baik (5) agar perusahaan lebih meyakinkan pada pelanggan terhadap fungsi green product pada produk Tupperware dan mengupdate perkembangan informasi dari media on-line atau off-line kepada pelanggan (6) bagi peneliti selanjutnya perlu dikembangkan lagi variabel lain yang mempengaruhi minat beli ulang pada produk Tupperware dikarenakan terdapat sub variabel green marketing yaitu green promotion dan green place yang tidak memiliki pengaruh signifikan pada minat beli ulang. Variabel yang disarankan adalah brand image brand trust kesadaran merek kepribadian merek dan popularitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/149761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |