pengaruh event terhadap repurchase intention melalui electronic word of mouth (studi pada pengguna shopee di kota malang) / bramasta yudha perwira - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh event terhadap repurchase intention melalui electronic word of mouth (studi pada pengguna shopee di kota malang) / bramasta yudha perwira

Perwira, Bramasta Yudha Perwira (2021) pengaruh event terhadap repurchase intention melalui electronic word of mouth (studi pada pengguna shopee di kota malang) / bramasta yudha perwira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perwira Bramasta Yudha. 2021. Pengaruh Event Terhadap Repurchase Intention Melalui Electronic Word of Mouth (Studi pada Pengguna Shopee di Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Rachmad Hidayat S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Promosi Penjualan Event Repurchase Intention E-WOM Shopee Shopee merupakan e-commerce paling populer dan paling sering di kunjungi berdasarkan data yang di keluarkan oleh iPrice Shopee memilki pengunjung web yang berjumlah 93.440.300 per bulannya jumlah kunjungan tersebut menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah kunjungan yang paling banyak setiap bulannya. Shopee sebagai salah satu platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi di Q2-2020 naik hingga 130% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan event yang memiliki tema berbeda setiap bulan Shopee selalu memberikan Voucher gratis ongkir Voucher potongan harga dan potongan harga langsung untuk memberi pengalaman berbelanja bagi customer dan potensial custumer Shopee. event yang dilakukan Shopee mempengaruhi Electronic Word of Mouth di media social. Electronic Word of Mouth sangat penting dalam malakukan belanja online agar para calon pembeli atau konsumen lain merasakan hal yang sama dengan yang pernah merasakan. Adanya rekomendasi ataupun review yang diberikan konsumen lain dalam sebuah sharing review platform ataupun komunitas akan mampu mempengaruhi minat beli ulang konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Event (X) dan variabel eksogen adalah Repurchase Intention (Y) sedangkan untuk variabel mediasi adalah Electronic Word of Mouth (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini ialah Pengguna Shopee dengan sampel yang digunakan sebanyak 172 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel amp Terrel. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis Path (analisis jalur). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) event berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention 2) event berpengaruh positif dan signifikan terhadap Electronic Word of Mouth 3) Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention dan 4) Event berpengaruh positif dan signifikan terhadap Repurchase Intention melalui Electronic Word of Mouth. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah 1) e-commerce dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu dari event dan mutu dari e-wom melalui ulasan dari pelanggan 2) bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/149678

Actions (login required)

View Item View Item