pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui customer satisfaction pada pengguna samsung (studi pada forum samsung indonesia facebook) / erriza zuchrufi a azzajundha - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui customer satisfaction pada pengguna samsung (studi pada forum samsung indonesia facebook) / erriza zuchrufi a azzajundha

Azzajundha, Erriza Zuchrufi A Azzajundha (2021) pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui customer satisfaction pada pengguna samsung (studi pada forum samsung indonesia facebook) / erriza zuchrufi a azzajundha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azzajundha Erriza Zuchrufi A. 2021. Pengaruh Brand Image terhadap Brand Loyalty melalui Customer Satisfaction pada Pengguna Samsung (Studi Pada Forum Samsung Indonesia Facebook). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd M.Sc Kata kunci brand image satisfaction brand loyalty Kegiatan masyarakat pada saat ini sangat beragam membuat perkembangan di era digital semakin maju dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan teknologi. Persaingan teknologi semakin pesat yang membuat pelanggan menjadi selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan kondisi seperti ini brand image berperan penting sabagai kekuatan perusahaan untuk membuat produk mereka dapat dilihat oleh konsumen. Ketika sebuah brand punya image tinggi maka dapat mempengaruhi konsumen bahwa merekan akan puas pada produk dari brand tersebut yang berlanjut setelah konsumen puas maka mereka akan loyal pada brand tersebut. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses pada Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Populasi penelitian adalah Anggota dari forum Samsung Indonesia (infinite population). Perhitungan sampel menggunakan rumus Hair et al dengan jumlah 220 responden. Analisa yang digunakan adalah Path Analysis. Uji prasyarat melalui Uji Normalitas dengan hasil residual berdistribusi normal dan Uji Liniearitas dengan hasil persamaan jalur liniear. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Diketahui bahwa Brand Image Customer Satisfacton dan Brand loyalty masuk dalam kategori baik (2) Brand Image berpengaruh secara positif signifikan terhadap Satisfaction (3) Brand Image berpengaruh secara postif signifikan terhadap Brand Loyalty (4) Satisfaction berpengaruh secara positif signifikan terhadap Brand Loyalty dan (5) Brand Image berpengaruh secara tidak langsung terhadap Brand Loyalty melalui Satisfaction. Samsung diharapkan bisa memperhatikan dan mebuat keunggulan-keunggulan produknya terutama produk entry level mereka agar konsumen lebih mengetahui karakteristik dan keunggulan produk. Samsung Indonesia seharusnya lebih men-spotlight fitur-fitu yang hanya mereka miliki di smartphone mereka sehingga calon pengguna yakin dengan apa yang mereka inginkan. Samsung Indonesia memberikan penawaran-penawaran menarik untuk setiap pembelian seperti bonus produk aksesoris Samsung atau berkolaborasi dengan produk aksesoris. Saran bagi peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan kajian ulang serta menambahkan variabel lain diluar brand image seperti brand personality dan variabel mediasi selain satisfaction seperti trust yang berpengaruh pada brand loyalty.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/149670

Actions (login required)

View Item View Item