Elvariani, Dinda Ayu Elvariani (2021) pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (csr) terhadap profitabilitas perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2015-2019 / dinda ayu elvariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan sektor pertambangan periode 2015-2019. Profitabilitas dalam penelitian ini diproksikan dengan menggunakan Return On Investment (ROI) Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 21 perusahaan sub sektor batu bara dengan jangka waktu 5 tahun penelitian. Pengungkapan CSR dalam penelitian ini menggunakan konsep ISO 26000 mencakup 7 isu pokok yang menggunakan 37 item. Perhitungan pengungkapan CSR dengan cara melakukan pengamatan mengenai ada tidaknya item informasi mengenai pelaksanaan CSR yang dilaporkan dalam laporan tahunan perusahaan. Pengukuran ISO 26000 menggunakan variabel dummy yaitu setiap kategori informasi pengungkapan Corporate Social Responsibility dalam instrumen penelitian diberi skor 1 jika kategori informasi yang diungkapkan ada dalam laporan tahunan dan skor 0 jika kategori informasi tidak diungkapkan di dalam laporan tahunan. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE). Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis statistiknya menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa tingkat signifikansi variabel pengungkapan CSR terhadap ROI dan ROE sebesar 0 000 dan 0 005 yang mana nilai sig. tersebut le 0 05. Besarnya pengaruh antara variabel pengungkapan CSR terhadap ROI dan ROE sebesar 0 169 dan 0 073. Yang mengandung arti bahwa pengaruh variabel pengungkapan CSR terhadap ROI sebesar 16 9% sedangkan sisanya 83 1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel dan untuk pengaruh variabel pengungkapan CSR terhadap ROE sebesar 7 3% sedangkan sisanya 92 7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel pengungkapan CSR. Sedangkan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Hal itu dapat dilihat dari hasil analisis statistik uji t yang menunjukkan bahwa variabel pengungkapan CSR terhadap NPM memiliki nilai signifikansi sebesar 0 401 yang mana nilai sig. tersebut gt 0 05 sehingga tidak ada pengaruh variabel pengungkapan CSR terhadap NPM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/149665 |
Actions (login required)
View Item |