Perancangan paket media launching album pertama band indie The Witness berbasis komunikasi visual / Alexander Cordova - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan paket media launching album pertama band indie The Witness berbasis komunikasi visual / Alexander Cordova

Cordova, Alexander (2009) Perancangan paket media launching album pertama band indie The Witness berbasis komunikasi visual / Alexander Cordova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Band The Witness merupakan salah satu dari sekian banyak band indie di Kota Malang yang memiliki karakter/konsep musik yang berdeda. Dengan semakin banyaknya pesaing band-band indie yang baru maupun yang lama band The Witness tersadar bahwa dengan media komunikasi visual sangatlah penting untuk memenuhi target penjualan untuk mencapai secara maksimal berkenaan dengan dirilisnya album pertama berharap band The Witness tetap aksis dan dikenal masyarakat luas. Lebih dari itu band The Witness dapat mengangkat citra positif yang lebih baik melalui media komunikasi visual yang matang. Hal tersebut didorong oleh kondisi pasar yang kian bersaing baik secara kuantitas maupun kualitas. Metode perancangan Media Komunikasi Visual untuk launching album pertama band The Witness penulis menggunakan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk yaitu (1) konsep perancangan media komunikasi visual (2) proses perancangannya dan (3) bentuk perancangan media komunikasi visual Langkah-langkah yang dilakukan mengawali konsep desain tersebut secara prosedural berupa research yang dilakukan kepada klien dan kompetitor melalui metode observasi wawancara dokumentasi dan kuisioner. Setelah semua data terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT yaitu analisa tentang Strenghts (kekuatan) Weakness (kelemahan) Opportunities (kesempatan) dan Treats (ancaman). Hasil media dari konsep perancangan berupa Backdrobe panggung Cover CD dan Cover Kaset Stiker Promo Poster Promo Leaflet X-Banner Merchandise (Kaos Stiker Pin-up) IMM Booklet. Kesimpulan penelitian ini adalah perancangan media komunikasi visual launching album pertama band indie The Witness dengan bentuk visualis meliputi warna ilustrasi fotografi tipografi serta media yang digunakan sebagai bentuk pemecahan masalah. Saran yang dapat diajukan yaitu untuk dapat meningkatkan dan menggangkat citra positif band indie The Witness dengan harapan dapat memperkenalkan produk dari band The Witness kepada target market meskipun tidak secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14924

Actions (login required)

View Item View Item