Perancangan media komunikasi visual untuk kota Batu sebagai kota wisata / Danny Agus Astrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual untuk kota Batu sebagai kota wisata / Danny Agus Astrianto

Astrianto, Danny Agus (2009) Perancangan media komunikasi visual untuk kota Batu sebagai kota wisata / Danny Agus Astrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astrianto Danny A. 2009. Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Kota Batu sebagai Kota Wisata. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I). Drs. Sumarwahyudi M.Sn. II). Drs.Sarjono M.Sn. Kata Kunci Perancangan Media Komunikasi Visual Kota Wisata Desain Komunikasi Visual merupakan sarana-prasarana komunikasi bermedia yang memanfaatkan media visual sebagai media utamanya yang dibuat untuk pencapain suatu tujuan komunikasi dan memenuhi kebutuhan hidup dan material manusia. Media komunikasi visual merupakan media yang dianggap efektif dalam menyajikan berbagai argumen tulisan atau kata-kata serta gambar-gambar yang menarik sehingga secara langsung menggugah hati orang yang melihatnya untuk memperhatikan apa yang tercantum dalam media komunikasi visual tersebut Kota Batu adalah kota pariwisata yang menawarkan pesona pegunungan dan ragam wisata yang unik dan menarik. Sebagai kota yang intensitas perekonomiannya adalah industi pariwisata maka wisatawan adalah devisa paling penting untuk mendorong kemajuan pariwisata di Batu. Pemerintah kota sudah cukup baik menampilkan ragam wisata yang potensial untuk dikunjungi dan dinikmati oleh wisatawan tetapi tidak didukung dalam media komunikasi visual dan promosinya. Kurangnya media promosi ini yang akan menghambat pertumbuhan pariwisata di Kota Batu. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu perancangan media promosi yang dapat mempublikasikan Batu kepada khalayak umum secara informatif dan efisien. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif dengan menetapkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk secara konseptual. Langkah-langkah dalam metode perancangan ini meliputi 1). Menentukan latar belakang dan rumusan masalah 2). Metode perancangan 3). Pengumpulan data 4). Analisa data 5). Konsep desain 6). Visualisasi desain dan 7). Hasil desain. Buku panduan wisata merupakan media yang sangat informatif dan efisien. Fungsinya menyampaikan informasi tentang keadaan wisata Kota Batu secara jelas dan memberikan arahan/panduan untuk melakukan wisata di Batu. Perancangan ini didukung oleh beberapa media yang sangat efektif dalam menyampaikan pesannya yaitu poster peta flier mascot paper bag pembatas buku dan web. Perancangan ini diharapkan dapat digunakan dengan baik dan memberikan pengetahuan dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan berlibur ke Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item