Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang

Rahmawati, Salisa (2019) Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen dengan Rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah sembilan siswa kelas VII yang mempunyai keterampilan komunikasi interpersonal rendah. Penelitian ini menggunakan skala keterampilan komunikasi interpersonal yang validitasya diuji menggunakan Pearson Correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas skala komunikasi interpersonal sebesar 0,724. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Hal tesebut dibuktikan dengan hasil analisis i wilcoxon yaitu nilai Z sebesar -2,670 dan nilai asymp sig sebesar 0,008 (Sig. < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan komunikasi interpersonal, sosiodrama, siswa SMP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:54
Last Modified: 18 Oct 2022 08:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item