Pengaruh strain dan medan magnet terhadap loss pada serat optik plastik / Khurrotul Aeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strain dan medan magnet terhadap loss pada serat optik plastik / Khurrotul Aeni

Aeni, Khurrotul (2019) Pengaruh strain dan medan magnet terhadap loss pada serat optik plastik / Khurrotul Aeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aeni Khurrotul. 2019. Pengaruh Strain dan Medan Magnet terhadap Loss pada Serat Optik Plastik. Skripsi Jurusan Fisika Prodi S1 Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Nugroho Adi Pramono S.Si M.Sc. Kata Kunci Serat optik serat optik plastik loss panjang gelombang medan magnet tarikan regangan optik. Jaringan optik memiliki hambatan dalam setiap koneksi antar pengguna hambatan ini biasa disebut dengan istilah loss atau rugi daya. Loss atau rugi daya dapat disebabkan oleh banyak faktor beberapa contohnya seperti akibat adanya tarikan pada kabel sehingga kabel mengalami peregangan adanya faktor luar seperti medan magnet di sekitar kabel dan pengaruh lainnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji loss pada serat optik. Dalam pelaksanaan penelitian sumber cahaya yang dipakai merupakan LED dengan spektrum warna yang berbeda yaitu merah hijau dan biru. Data pengamatan yang didapatkan berupa intensitas cahaya yang diterima oleh receiver. Intensitas cahaya yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga menghasilkan nilai loss. Perlakuan pada penelitian ini yaitu strain atau peregangan pada serat optik dilakukan dengan menarik serat optik hingga tarikan tertentu. Perlakuan kedua yaitu memberikan medan magnet di sekitar serat optik untuk mengganggu proses transmisi serat optik. Semakin besar medan magnet semakin besar loss namun pada LED hijau dan LED biru karena ada pengaruh medan magnet yang tidak kuat menyebabkan medan magnet tidak mempengaruhi loss sedangkan perlakuan strain menyebabkan semakin besar nilai minus loss tiap pergeseran. Dengan menganalisis pengaruh panjang gelombang dihasilkan pengaruh panjang gelombang terhadap loss pada serat optik yang dikenai medan magnet semakin besar nilai panjang gelombang semakin besar loss serat optik begitu juga dengan pengaruh panjang gelombang pada serat optik yang dkenai strain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148625

Actions (login required)

View Item View Item