Fabrikasi dan karakterisasi lapisan tipis polymetyl methacrylate (PMMA) / MnxFe3-xo4 untuk potensi aplikasi spintronics - Repositori Universitas Negeri Malang

Fabrikasi dan karakterisasi lapisan tipis polymetyl methacrylate (PMMA) / MnxFe3-xo4 untuk potensi aplikasi spintronics

Oktafianti, Rina (2021) Fabrikasi dan karakterisasi lapisan tipis polymetyl methacrylate (PMMA) / MnxFe3-xo4 untuk potensi aplikasi spintronics. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Spintronik (spin-based electronics) merupakan elektronika yang memanfaatkan sifat spin elektron dan sifat muatannya. Syarat utama agar suatu material dapat direalisasikan untuk device spintronics adalah material bersifat ferromagnetik pada temperatur kamar memiliki efisiensi yang cukup tinggi 100% untuk injeksi dan transport spin. Magnetite merupakan material spintronics karena memiliki sifat magnet dan sifat listrik yang berbeda dari material lain Dalam penelitian ini dikaji pengaruh konsentrasi doping Mn pada lapisan tipis Polymetyl Methacrylate (PMMA) / MnxFe3-xO4 . Doping Mn dalam film Fe3O4 dapat meningkatkan konsentrasi carrier dan polarisasi spin tanpa mempengaruhi mobilitas elektron. Sampel dikarakterisasi dengan menggunakan XRD UV-Vis dan I-V meter. Ketika konsentrasi doping Mn yang ditambahkan semakin besar maka volume crystal parameter kisi dan nilai absorbansinya akan semakin tinggi. Sedangkan particle size dan band gap akan semakin kecil. Doping Mn telah berhasil meningkatkan konduktivitas film yang dapat dilihat dari slope (kemiringan) grafik. Hal tersebut menujukkan bahwa sampel thin film PMMA / MnxFe3-xO4 dapat berpotensi sebagai aplikasi spintronics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148585

Actions (login required)

View Item View Item