Aplikasi permasalahan transportasi dengan metode least cost dan VAM (Vogel's Aproximation Method) / Atika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi permasalahan transportasi dengan metode least cost dan VAM (Vogel's Aproximation Method) / Atika Sari

Sari, Atika (2020) Aplikasi permasalahan transportasi dengan metode least cost dan VAM (Vogel's Aproximation Method) / Atika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Atika. 2019. Aplikasi Permasalahan Transportasi Dengan Metode Least Cost dan VAM ( Vogel s Approximation Method ). Skripsi. Program Studi Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lucky Tri Oktoviana S.Si M.Kom. Kata kunci least cost transportasi seimbang vogel s approximation method Distribusi merupakan kegiatan penyampaian produk sampai ke tangan konsumen pada waktu yang tepat. Untuk mengirimkan sebuah produk ke suatu tempat dibutuhkan alat transportasi. Dengan adanya transportasi ini membantu penyaluran barang menjadi lebih mudah. Model transportasi adalah bagian dari riset operasi yang membahas tentang meminimumkan biaya transportasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam penelitian ini terdapat 2 Model Transportasi yaitu Metode Least Cost dan Vogel s Approximation Method (VAM). Metode Least Cost merupakan metode untuk mengoptimalkan biaya dengan mengalokasikan distribusi produk dari sel yang memiliki biaya distribusi terkecil. Sedangkan prinsip kerja Vogel s Approximation Method (VAM) ialah mencari selisih biaya terkecil pada sel kemudian dari sel yang terpilih selisih yang terbesar dialokasikan. UD. Sari Bumi Raya merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang pendistribusian gula merah. Perencanaan biaya distribusi pada UD. Sari Bumi Raya masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi perencanaan biaya yang tidak sesuai. Tujuan penelitian ini untuk membuat aplikasi permasalahan transportasi dengan menggunakan metode Least Cost dan Vogel s Approximation Method (VAM) supaya perusahaan dapat mengetahui biaya distribusi yang optimal. Hasil penelitian pada UD Sari Bumi Raya menunjukan bahwa biaya distribusi yang dikeluarkan dengan menggunakan metode Least Cost sebesar Rp 471.620 00 dan biaya distribusi yang dikeluarkan dengan menggunakan Vogel s Approximation Method (VAM) sebesar Rp 419.120 00. Dengan demikian metode yang paling efektif yang digunakan adalah Vogel s Approximation Method (VAM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148550

Actions (login required)

View Item View Item