Analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah aplikasi turunan menggunakan pendekatan polya melalui penerapan model pembelajaran asesmen sejawat / Sofiyah Mahfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah aplikasi turunan menggunakan pendekatan polya melalui penerapan model pembelajaran asesmen sejawat / Sofiyah Mahfiroh

Mahfiroh, Sofiyah (2020) Analisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah aplikasi turunan menggunakan pendekatan polya melalui penerapan model pembelajaran asesmen sejawat / Sofiyah Mahfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahfiroh Sofiyah. 2019. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemecahan masalah Aplikasi Turunan Menggunakan Pendekatan Polya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Asesmen Sejawat. Skripsi. Program Studi Pendidian Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ir. Hendro Permadi M.Si. Kata Kunci Kemampuan Pemecahan Masalah Model Pembelajaran Asesmen Sejawat. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting untuk ditingkatkan karena kehidupan sehari-hari tidak lepas dari permasalahan.Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki. Pada pembelajaran matematika pemecahan masalah dapat berupa soal tidak rutin atau soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang terdiri dari metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalisis rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah Offering A dan B melalui penerapan model pembelajaran asesmen sejawat. Sedangkan penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam setiap indikator Polya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti semester pendek matakuliah kalkulus tahun ajaran 2018/2019 offering A sebanyak 32 mahasiswa dan offering B sebanyak 22 mahasiswa. Hasil uji Two-Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai P-value pretest offering A dan offering B adalah 0 005 ( 0 05) yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada Offering A dan Offering B. Selain itu hasil uji Paired T-Test terhadap nilai postest dan pretest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah offering A mengalami peningkatan secara signifikan . Rata-rata nilai postest offering A adalah 55 72 dan rata-rata nilai pretest offering A adalah 37 21 sehingga diperoleh selisih 18 51 (T-Value 6 14 dan P-Value 0 000). Sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah offering B juga mengalami peningkatan secara signifikan. Rata-rata nilai postest offering B adalah 60 85 dan rata-rata nilai pretest offering B adalah 48 72 sehingga diperoleh selisih 12 13 (T-Value 6 14 dan P-Value 0 000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan awal pada pemecahan masalah offering A dan offering B (2) Hasil data kemampuan pemecahan masalag offering A menggunakan pendekatan Polya mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran asesmen sejawat (3) Hasil data kemampuan pemecahan masalag offering B menggunakan pendekatan Polya mengalami peningkatan antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran asesmen sejawat dan (4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah offering A dan Offering B sesudah diterapkan model pembelajaran asesmen sejawat yang dilihat berdasarkan rata-rata N-Gain Score. Dalam penelitian ini pembelajaran asesmen sejawat terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Meningkatknya kemampuan pemecahan masalah dikarenakan adanya diskusi dengan setiap mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menjelaskan hasil pekerjaannya kemudian dapat menyampaikan usulan dan komentar karena ada penilaian sejawat. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran asesmen sejawat dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dewan Penguji Anggota Anggota Dr. Ir. Hendro Permadi M.Si. Latifah Mustofa Lestyanto S.Si. M.Pd. NIP. 19661224 199903 1 001 NIP. 19850816201012 2 005 Ketua Dr. Rustanto Rahardi M.Si. NIP. 19630502 199001 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148548

Actions (login required)

View Item View Item