intelligent tutoring system untuk deteksi siswa bermasalah pada materi trigonometri dengan metode simple additive weigthting / yudi setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

intelligent tutoring system untuk deteksi siswa bermasalah pada materi trigonometri dengan metode simple additive weigthting / yudi setiawan

Setiawan, Yudi Setiawan (2021) intelligent tutoring system untuk deteksi siswa bermasalah pada materi trigonometri dengan metode simple additive weigthting / yudi setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuanyang diajarkan dari tingkat pendidikan dasarhingga universitas .Objek kajian yang bersifat abstrak merupakan salah satu karakteristik dari matematika. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep ndash konsep matematika. Salah satu kajian matematika yang dianggap sulit bagi siswa adalah materi trigonometri. Perlu bantuan selain dalam kelas misal dengan Intelligent Tutoring System(ITS). Intelligent Tutoring System dapat dipadukan dengan berbagai macam metode salah satunya adalah Simple Additive Weighting(SAW) . SAW merupakan metode yang digunakan untuk mendapatkanalternatif terbaik dari sejumlah alternatif .SAW berperan untuk mendapatkan urutan anak yang masih memiliki masalah setelah menggunakan ITS. Dengan adanya ITS yang dipadukan dengan metode SAW siswa dapat belajar secara mandiri dan guru dapat mencari siswa yang membutuhkan penanganan lebih.Pengembangan ITS ini menggunakan PHP dengan menggunakan metode SDLC. Tahapan dalam metode ini terdiri dari Perencanaan (Planning) Analisa (Analysis) Perincian desain sistem (Detailed System Design) implementasi (Implementation) Perawatan (Maintenance). Tahapan kelima yaitu Perawatan (Maintenance) tidak dilakukan karena masih dalam tahap penelitian.Produk yang dihasilkan berupa prototype aplikasi bernama SMART MATH rsquo S. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis website.SMART MATH rsquo Smenggunakanfiturevaluasiuntukmengetahuipermasalahansiswayaituberdasarkannilai yang dipilahsesuai kompetensidasar. Hasilevaluasidiolahmenggunakanmetode SAW. Hasil Proses iniadalahtabelberisikanurutansiswadari yang paling membutuhkanpenanganan lebihlanjut hingga yang tidak. Siswa yang nilainya dibawahmendapatkan remidi. Hasil remidi kemudian diolah kembali menggunakan metode SAW. Hasil proses ini adalahtabelberisikanurutansiswadari yang masihmembutuhkanpenanganan lebihlanjut hingga yang tidakdilengkapi dengan tingkat pemahaman siswa. Informasiberkaitandenganmateri yang sulitbagisiswadidapatkandenganmelihathasilevaluasi. SMART MATH rsquo Sdilengkapifitur download dengankeluaranberupa file excel. Hasil proses uji coba t erb atas pada SMA Laboratorium U M deng an jumlah siswa 35. Dike tahui b ahwa t erdapa t 31 siswa yang meng alami peni ng ka tan nila i y ang a rt inya 89% dari ke seluruhan siswa meng alami peni ng ka tan nilai. SMART MAHT rsquo S t elah di uj i kevalidan dan ke praktisany a oleh validator dan pe ng guna. H asil V alidasi a hl i materi dan medi a adalah 3 468 da ri nilai sempuna 5. Seda ng ka n ha sil u ji ke praktisan d ari s egi g uru dan s iswa S MA Laboratorium U M a da lah 3 70 dari nilai p ra ktis S empurna 5. Berdasark an hasil ters ebut di ke tahu i bahwa A pl ika si SMART MATH rsquo S yang dike mba ng ka n cukup Valid dan praktis s ert a da pa t digunaka n d alam proses pembe lajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148535

Actions (login required)

View Item View Item