Studi algoritma acs-rvnd, algoritma ils-rvnd dan algoritma clarke-wright dengan interchange descent pada multiple depot vehicle routing problem with time windows (mdvrptw) / Hadiyatul Maula - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi algoritma acs-rvnd, algoritma ils-rvnd dan algoritma clarke-wright dengan interchange descent pada multiple depot vehicle routing problem with time windows (mdvrptw) / Hadiyatul Maula

Maula, Hadiyatul Maula (0000) Studi algoritma acs-rvnd, algoritma ils-rvnd dan algoritma clarke-wright dengan interchange descent pada multiple depot vehicle routing problem with time windows (mdvrptw) / Hadiyatul Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multiple Depot Vehicle Routing Problem with Time Windows (MDVRPTW) merupakan salah satu varian dari VRP yang bertujuan untuk menentukan rute yang optimal untuk pendistribusian barang dari depot yang lebih dari satu ke himpunan customer dengan batasan time windows. Penyelesaian MDVRPTW terdiri dari tiga tahap yaitu grouping routing dan scheduling. Pada tahap routing permasalahan MDVRPTW berubah menjadi VRPTW untuk masing-masing depot yang diselesaikan menggunakan algoritma ACS-RVND. Algoritma ACS-RVND terdiri dari beberapa tahapan utama yaitu tahap pembentukan solusi awal menggunakan algoritma ACS tahap perbaikan solusi menggunakan prosedur RVND dan tahap penerimaan kriteria. Pada penelitian ini juga akan dianalisis mengenai langkah serta hasil penerapan algoritma ACS-RVND dengan algoritma pembanding yaitu algoritma ILS-RVND dan algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent dalam menyelesaikan dua contoh permasalahan MDVRPTW. Permasalahan pertama terdiri dari 2 depot dengan 9 customer dan permasalahan kedua terdiri dari 3 depot dengan 17 customer. Pada contoh permasalahan 1 algoritma ACS-RVND menghasilkan total jarak tempuh 110 6 km dengan total waktu 768 75 menit algoritma ILS-RVND menghasilkan total jarak tempuh 109 8 km dengan total waktu 712 2 menit dan algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent menghasilkan total jarak tempuh 112 9 km dengan total waktu 783 6 menit algoritma. Sedangkan pada contoh permasalahan 2 algoritma ACS-RVND menghasilkan total jarak tempuh 898 km dengan total waktu 1487 menit algoritma ILS-RVND menghasilkan total jarak tempuh 891 km dengan total waktu 1506 menit dan algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent menghasilkan total jarak tempuh 965 km total waktu 1617 5 menit. Dari hasil penerapan ketiga algoritma tersebut algoritma ACS-RVND dapat menyelesaikan permasalahan MDVRPTW dengan menghasilkan solusi yang lebih kecil dibandingkan dengan algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent. Hal tersebut dikarenakan pada tahap perbaikan solusi algoritma ACS-RVND melakukan semua kemungkinan perbaikan neighborhood secara inter-route dan intra-route dengan menggunakan beberapa operator yang lebih banyak dibandingkan operator yang digunakan pada algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent sehingga pada algoritma Clarke-Wright dengan Interchange Descent mengakibatkan perbaikan solusinya belum maksimal. Namun hasil dari algoritma ACS-RVND tidak lebih minimal dibandingkan algoritma ILS-RVND. Hal tersebut terjadi karena pada tahap inisialisasi solusi awal algoritma ILS-RVND menggunakan algoritma sequential insertion yang mana semua kemungkinan posisi penyisipan titik customer pada rute dibentuk dan dipilih rute yang memiliki total jarak minimum dan memenuhi kendala kapasitas kendaraan dan time window sehingga menghasilkan total jarak tempuh yang lebih minimal. Hal tersebut mengakibatkan pada tahap solusi akhir algoritma ILS-RVND masih menghasilkan solusi lebih baik dibandingkan algoritma ACS-RVND.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148509

Actions (login required)

View Item View Item