Learners' perceptions and experience in remote learning at Universitas Negeri Malang: a survey study of second year English departement student / Lucky Meidianti Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Learners' perceptions and experience in remote learning at Universitas Negeri Malang: a survey study of second year English departement student / Lucky Meidianti Darmawan

Darmawan, Lucky Meidianti (2020) Learners' perceptions and experience in remote learning at Universitas Negeri Malang: a survey study of second year English departement student / Lucky Meidianti Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (daring) jarak jauh di tengah keadaan darurat saat ini menjadi suatu hal yang baru dalam sistem pendidikan dunia termasuk Indonesia. Model pembelajaran ini diterapkan sebagai salah satu jalan alternatif agar pembelajaran tetap berjalan selama pendemi Covid-19. Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease [Covid-19] pada Satuan Pendidikan) pada tanggal 9 Maret 2020 semua kelas yang terdapat di setiap jenjang pendidikan harus ditutup sementara demi menekan angka penyebaran virus corona. Terlebih lagi semua aktivitas belajar dan mengajar harus tetap dilaksanakan walaupun dari rumah masing-masing. Semua mahasiswa dan dosen diharuskan untuk beradaptasi dengan model pembelajaran baru ini. Walaupun kebanyakan mahasiswa hanya memerlukan waktu yang relatif pendek untuk beradaptasi dengan model pembelajaran baru ini beberapa kendala pun masih mereka temui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan kendala mahasiswa dalam pengaplikasian pembelajaran daring jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu metodologi riset diterapkan dalam penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang didistribusikan secara daring dan diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2018 bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang. Beberapa poin pertanyaan dalam kuesioner penelitian ini diadopsi dari kuesioner penelitian milik Aristovnik dkk. (2020) dan Muilenburg (2005). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dapat beradaptasi dengan baik dalam pembelajaran daring jarak jauh mengingat mereka termasuk dalam generasi yang melek akan teknologi. Namun dalam praktiknya mahasiswa kerap mendapatkan beberapa kendala dalam melaksanakan pembelajaran daring jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Beberapa kendala tersebut sering kali berhubungan dengan kualitas koneksi Internet tugas kuliah yang membeludak kurangnya penjelasan akan materi perkuliahan gangguan yang mahasiswa dapatkan ketika belajar dari rumah biaya yang mereka keluarkan selama pembelajaran dan sebagainya. Penelitian ini berfokus pada persepsi dan kendala yang dialami oleh mahasiswa angkatan 2018 bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang dalam penerapan pembelajaran daring jarak jauh di tengah pandemi Covid-19. Mengingat lingkup penelitian yang terbatas ini peneliti di masa yang akan datang dapat mengadakan penelitian dengan melibatkan skala responden yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148354

Actions (login required)

View Item View Item