Lexical bundles in the theses of advanced EFL learners / Lilia Rizka Rahmadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Lexical bundles in the theses of advanced EFL learners / Lilia Rizka Rahmadhani

Rahmadhani, Lilia Rizka (2020) Lexical bundles in the theses of advanced EFL learners / Lilia Rizka Rahmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lexical bundles (LB) menunjukkan fitur penting yang digunakan dalam sebuah tulisan. Selain itu penggunaan LB juga menunjukkan kemampuan penulis dalam membuat teksnya koherensi. Studi mengenai LB di Indonesia masih sedikit. Oleh karena itu penggunaan LB oleh siswa dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua terlebih lagi siswa dari jenjang studi yang berbeda masih belum jelas. Penelitian ini adalah penelitian analisis isi. Data diperoleh dari skripsi yang ditulis oleh mahasiswa program sarjana dan pascasarjana Universitas Negeri Malang. Penelitian ini melibatkan 30 pelajar EFL dengan mengambil 15 skripsi dari tiap kelompok. LB diklasifikasikan dengan analisis menurut klasifikasi Chen dan Baker (2010). Klasifikasi LB secara struktur adalah NP (Noun Phrase) VP (Verb Phrase) dan PP (Preposition Phrase). Fungsi LB berorientasi pada penelitian teks dan peserta. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan dikelompokkan berdasarkan klasifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesamaan dalam penggunaan LB dalam tulisan mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Ditemukan bahwa NP adalah struktur LB yang paling banyak digunakan baik untuk pelajar sarjana dan pascasarjana diikuti oleh VP dan PP. Hasil temuan fungsi LB menunjukkan bahwa peserta didik sarjana dan pascasarjana paling banyak menggunakan fungsi yang berorientasi pada penelitian. Lebih dari 50% fungsi berorientasi penelitian terjadi pada skripsi sarjana dan pascasarjana. Fungsi orientasi teks ditemukan dengan total 33 93% dari tesis sarjana dan 35 85% dari tesis pasca sarjana. 14 28% dan 9 43% fungsi orientasi pada peserta ditemukan secara berurutan dari tesis sarjana dan pascasarjana. Seperti yang dapat dilihat dalam hasil penelitian penggunaan struktur LB dan fungsi LB yang digunakan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana serupa. Namun variasi dan jumlah LB yang digunakan berbeda. Pelajar pascasarjana menggunakan variasi dan junlah LB yang lebih banyak dalam tesis mereka. Kita dapat menyimpulkan bahwa peserta didik cenderung menggunakan lebih banyak pola dan variasi LB ketika mereka maju ke jenjang studi yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris memberi penjelasan lebih mengenai penggunaan LB yang tepat berdasarkan struktur dan fungsinya. Mereka juga bisa memberi contoh lebih banyak tentang bagaimana membentuk LB dari kosakata yang berbeda. Pola perkembangan LB yang digunakan dapat membantu peserta didik untuk membangun pengetahuan disipliner untuk konteks tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148353

Actions (login required)

View Item View Item