Improving tenth-grade students' skill in writing narrative text through instagram / Dyah Murti Dewanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving tenth-grade students' skill in writing narrative text through instagram / Dyah Murti Dewanti

Dewanti, Dyah Murti (2020) Improving tenth-grade students' skill in writing narrative text through instagram / Dyah Murti Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan akademik dan taraf kehidupan seseorang. Oleh karena itu masyarakat masa kini harus menyadari pentingnya belajar bahasa Inggris. Pada umumnya pemelajar wajib memahami empat keterampilan bahasa Inggris yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Namun di antara keempat keterampilan bahasa tersebut menulis seringkali disebut sebagai keterampilan yang paling sulit dan paling tidak disukai oleh siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa/i SMKN 3 Malang mengalami kesulitan untuk menggali ide menulis terutama pada teks naratif dan menganggap menulis sebagai aktivitas yang sulit dan membosankan. Mereka juga menemukan kesulitan pada penggunaan huruf kapital tanda baca dan tenses. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa/i. Prosedur PTK yang diadaptasi dari Kemmis dan McTaggart (2010 9) terdiri dari perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instagram salah satu media sosial yang populer di kalangan remaja dipilih menjadi media pembelajaran bahasa Inggris dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi pedoman wawancara catatan lapangan kuisioner dan ujian menulis. Terdapat 2 kriteria yang ditetapkan untuk mengetahui apakah penelitian ini berhasil. Pertama dengan menggunakan rubrik penilaian lebih dari 75% dari total siswa harus melampaui nilai ketuntasan minimum atau memenuhi kriteria penilaian yang konsisten. Kedua dengan menggunakan kuisioner siswa menikmati dan berpartisipasi aktif selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian secara keseluruhan mengungkapkan bahwa penggunaan Instagram berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks naratif. Tugas akhir menunjukkan bahwa nilai para siswa meningkat 8.88 poin dari studi pendahuluan dengan skor rata-rata 86.54. Nilai tersebut melampaui nilai kelulusan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Peningkatan besar ini disebabkan oleh strategi proses penulisan dimana siswa/i melewati beberapa prosedur menulis sebelum penilaian seperti perencanaan penyusunan umpan balik revisi penyuntingan dan penerbitan. Selain itu hasil kuisioner menunjukkan bahwa siswa/i menikmati strategi baru tersebut dan berpartisipasi aktif selama KBM meskipun pembelajaran harus dilakukan secara daring akibat pandemi COVID-19. Selain itu peneliti dapat menyampaikan masukkan yang komprehensif melalui pembelajaran daring dan siswa/i juga aktif menggunakan Instagram sebagai media pembelajaran dengan memberi komentar pada hasil tulisan teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148352

Actions (login required)

View Item View Item