Pengembangan e-promosi video berbasis android di perpustakaan kementerian sekretariat negara / Ahmad Syauqi Dzikri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-promosi video berbasis android di perpustakaan kementerian sekretariat negara / Ahmad Syauqi Dzikri

Dzikri, Ahmad Syauqi (2020) Pengembangan e-promosi video berbasis android di perpustakaan kementerian sekretariat negara / Ahmad Syauqi Dzikri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan data statistik perpustakaan terjadi permasalahan minimnya pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan khusus di Kementerian Sekretariat Negara. Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara sebagai perpustakaan khusus juga masih terdapat kendala internal dan eksternal yang dialami oleh pegawai dalam hal pemakaian layananan perpustakaan. Pentingnya berkunjung ke perpustakaan sebagai sumber rujukan untuk membantu pekerjaan para pegawai kondisi tingkat kunjungan di perpustakaan bisa dikatakan rendah. Salah satu langkah inovatif dalam meningkatkan kunjungan perpustakaan adalah melalui e-promosi video berbasis android. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan kebutuhan (2) Perancangan pengguna (3) Konstruksi dan (4) Peralihan. Produk e-promosi video berbasis android di perpustakaan dilakukan sebagai pemanfaatan produk yang terdiri dari uji validasi dan uji coba lapangan. Uji validisi dilakukan oleh ahli media ahli materi kemudian dilakukan uji coba lapangan kepada pegawai Kementerian Sekretariat Negara dan mahasiswa atau kalangan akademisi Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan persentase nilai dari ahli materi sebesar 78 57% dengan hasil kualifikasi ldquo valid rdquo persentase nilai dari ahli media sebesar 93 51% dengan hasil kualifikasi ldquo sangat valid rdquo dan hasil ujicoba pada pegawai Kementerian Sekretariat Negara dan mahasiswa Universitas Negeri Malang sebesar 82 07% untuk hasil uji coba media dengan kualifikasi ldquo sangat valid rdquo serta 83 04% untuk hasil uji coba materi dengan kualifikasi ldquo sangat valid rdquo . Selain memberikan penilaian validator dan pegawai serta mahasiswa juga memberikan saran dan atau masukan untuk perbaikan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan serta serangkaian pengujian dan perbaikan produk dapat disimpulkan bahwa produk aplikasi video e-promosi perpustakaan berbasis android yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media yang dapat membantu untuk menarik minat para pemustaka untuk berkunjung ke Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148335

Actions (login required)

View Item View Item