preservasi digital naskah kuno di museum sonobudoyo yogyakarta / hasyim dwi irwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

preservasi digital naskah kuno di museum sonobudoyo yogyakarta / hasyim dwi irwanto

Irwanto, Hasyim Dwi Irwanto (2021) preservasi digital naskah kuno di museum sonobudoyo yogyakarta / hasyim dwi irwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan preservasi digital pada koleksi naskah kuno dan kendala-kendala yang dialami dalam kegiatan preservasi digital naskah kuno di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatatif metode deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini ditentukan yaitu pemegang wewenang dan pelaksana kegiatan perawatan konsevasi dan preservasi koleksi di Museum Sonobudoyo Yogyakarta.Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama koleksi digital hasil alih media dilakukan preservasi digital dengan menggunakan strategi preservasi teknologi refreshing emulasi migrasi dan arkeologi data. Koleksi digital yang sudah melalui proses preservasi digital kemudian diberi proteksi khusus dan selanjutnya di-upload ke sistem perangkat lunak naskah kuno digital. Kedua kendala yang dihadapi saat melakukan kegiatan preservasi digital terdiri dari kurangnya SDM profesional atau yang berpengalaman dan adanya kurangnya daya listrik serta jenis media penyimpanan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148323

Actions (login required)

View Item View Item