patologi sosial dalam novel dua garis biru karya lucia priandarini / yosy kusuma wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

patologi sosial dalam novel dua garis biru karya lucia priandarini / yosy kusuma wardani

Yosy Kusuma Wardani (2021) patologi sosial dalam novel dua garis biru karya lucia priandarini / yosy kusuma wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada bentuk patologi sosial. Novel Dua Garis Biru mengangkat cerita mengenai kehidupan remaja yang melakukan penyimpangan. Juvenile delinquency hubungan seksual di luar nikah dan married by accident merupakan penyimpangan terhadap nilai-nilai sosial yang terjadi dalam novel Dua Garis Biru . Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif yang berlandaskan teori sosiologi sastra dan psikologi sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah studi pustaka dengan cara mengumpulkan data-data dari novel Dua Garis Biru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Dua Garis Biru menampilkan beberapa bentuk patologi sosial seperti perilaku remaja yang suka membolos berpacaran melakukan hubungan seksual di luar nikah dan perilaku remaja perempuan yang melakukan percobaan pengguguran janin. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran disampaikan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya. Bagi pembaca agar bisa mengambil pelajaran nilai-nilai positif dari novel Dua Garis Biru. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat digunakan sebagai referensi mengenai gambaran patologi sosial dalam karya sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148317

Actions (login required)

View Item View Item