Pendayagunaan gaya bahasa sindiran dalam tayangan ini talk show / Eka Putri Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendayagunaan gaya bahasa sindiran dalam tayangan ini talk show / Eka Putri Pratiwi

Pratiwi, Eka Putri Pratiwi (0000) Pendayagunaan gaya bahasa sindiran dalam tayangan ini talk show / Eka Putri Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ini Talk Show merupakan salah satu tayangan televisi yang menghadirkan acara hiburan sekaligus diskusi santai. Gaya bahasa sindiran dalam talkshow digunakan untuk mengungkapkan perasaan kritik dan pendapat yang ditujukan kepada pihak tertentu. Banyaknya bentuk gaya bahasa sindiran dalam acara Ini Talk Show menunjukkan adanya pendayagunaan gaya bahasa sindiran. Pendayagunaan yang dimaksudkan ditinjau dari pendayagunaan gaya bahasa sehingga menimbulkan gaya bahasa sindiran. Penelitian ini berfokus pada pengkreasian bentuk pemanfaatan konteks dan pencapaian fungsi gaya bahasa sindiran sebagai bentuk pendayagunaan gaya bahasa sindiran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berlandaskan teori analisis wacana dan stilistika untuk menemukan pendayagunaan gaya bahasa sindiran dalam Ini Talk Show. Data dalam penelitian ini berupa kata frasa klausa dan kalimat dalam acara Ini Talk Show. Data diperoleh dari tuturan penutur yang ditemukan banyak menggunakan gaya bahasa sindiran dalam tuturannya. Sumber data penelitian ini berupa unggahan video Ini Talk Show tahun 2014 karena video uggahan pada tahun tersebut lengkap sehingga data yang dihasilkan memenuhi kualifikasi pendayagunaan gaya bahasa sindiran yang meliputi pengkreasian bentuk pemanfaatan konteks dan pencapaian fungsi gaya bahasa sindiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengkreasian bentuk gaya bahasa sindiran meliputi penggunaan gaya bahasa ironi penggunaan majas sinisme penggunaan majas sarkasme dan penggunaan repetisi dalam bentuk kalimat. (2) pemanfaatan konteks gaya bahasa sindiran meliputi penggunaan gaya naratif dalam percakapan penciptaan situasi yang santai dan pembicaraan topik yang ringan. (3) pencapaian fungsi gaya bahasa sindiran meliputi mengungkapkan kritik untuk tujuan evaluasi mengungkapkan kritik untuk memberikan saran menyatakan ejekan menyatakan kekecewaan dan mengungkapkan pikiran atau gagasan. Gaya bahasa sindiran yang ditemukan dalam penelitian ini tidak mutlak hanya untuk menyindir melainkan untuk memberikan efek kelucuan bergantung pada konteks situasi dan topik yang sedang dibicarakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148312

Actions (login required)

View Item View Item