Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi siswa sman 1 wates kediri / Yeni Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi siswa sman 1 wates kediri / Yeni Puspitasari

Puspitasari, Yeni Puspitasari (0000) Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi siswa sman 1 wates kediri / Yeni Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang memasuki sekolah menengah atas akan dihadapkan tanggung jawab lebih besar dari sebelumnya karena masa-masa ini merupakan masa yang penting bagi siswa untuk mempersiapkan masa depannya. Selama mempersiapkan diri siswa akan menemui rintangan dan godaan yang dapat mengalihkan siswa dalam menjalankan tugas-tugas di masa tersebut. Hal ini akan berpengaruh negatif apabila siswa tidak segera menyadari bahwa langkahnya salah. Sebagai seorang pelajar atau siswa sekolah memiliki tugas utama yaitu belajar namun kegiatan ini kadang kala diabaikan oleh sebagian siswa. Maka dari itu penting bagi siswa melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi dari motivasi berprestasi yaitu dorongan mencapai target dengan usaha yang dilakukan dalam menghadapi tantangan maupun rintangan. Hal ini bisa membangun semangat dan kesungguhan siswa dalam mencapai suatu tujuan. Motivasi berprestasi dapat dipengaruhi oleh berbagai sumber maupun dimensi penelitian ini akan menggali hal-hal yang mempengaruhi motivasi berprestasi yaitu dukungan sosial dan efikasi diri. Dukungan sosial merupakan bantuan yang dapat berpengaruh pada perilaku dan emosi seseorang yang menerimanya sedangkan efikasi diri merupakan keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Penelitian menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian siswa kelas X SMAN 1 Wates dengan sampel berjumlah 183 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Isaac amp Michael. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala dukungan sosial berlandaskan teori House (dalam Smet 1994) skala efikasi diri yang berlandaskan teori dari Bandura (1997) dan Lent Lopez amp Bieschke (1991) dan skala motivasi berprestasi berlandaskan McClelland (dalam Susanto 2018). Instrumen penelitian tersebut diisi oleh siswa melalui google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan hasil yang diperoleh yaitu sebagaian besar siswa memiliki kategori tinggi pada masing-masing variabel dengan nilai 74 3 % dukungan sosial 83 6% efikasi diri dan 79 8% motivasi berprestasi. Uji prasyarat menunjukkan bahwa uji normalitas uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas telah memenuhi syarat sehingga dilanjutkan dengan uji korelasi berganda dan uji regresi. Hasil yang diperoleh uji korelasi berganda diketahui bahwa koefisien korelasi 0 674. Kemudian berdasarkan uji regresi diketahui bahwa uji F memperoleh nilai signifikansi 0 01 lt 0 05. Sementara itu uji T pada variabel dukungan sosial nilai signifikansi sebesar 0 01 lt 0 05 sedangkan variabel efikasi diri memiliki nilai 0 01 lt 0 05. Pada hasil uji koefisien determinasi mendapatkan nilai sebesar 45 4%. Hasil yang diperoleh secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi terdapat hubungan antara efikasi diri dengan motivasi berprestasi terdapat hubungan antara dukungan sosial dan efikasi diri secara bersama-sama dengan motivasi berprestasi. Selain itu sumbangan pengaruh variabel bebas yaitu dukungan sosial dan efikasi diri sebesar 45 4% dengan motivasi berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran bagi konselor dapat memberikan layanan motivasi berprestasi dengan topik dukungan sosial dan efikasi diri dalam bentuk bimbingan klasikal bimbingan kelompok maupun konseling yang bertujuan untuk menunjang motivasi berprestasi pada siswa. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan merancang pedoman yang dapat digunakan siswa atau konselor yang bertujuan untuk membangun maupun meningkatkan motivasi berprestasi. Selain itu diharapkan peneliti berikutnya dapat menggali faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148304

Actions (login required)

View Item View Item