Keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa SMAN 10 Malang / Septi Nirmala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa SMAN 10 Malang / Septi Nirmala Sari

Sari, Septi Nirmala (2020) Keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa SMAN 10 Malang / Septi Nirmala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Septi Nirmala. 2020. Keefektifan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Perilaku Moral Siswa SMAN 10 Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. Arbin Janu S. S.Pd M.Pd. Kata kunci konseling realitas perilaku moral siswa SMA Berbagai macam permasalahan yang terjadi pada remaja tentu saja diperlukan upaya untuk menghindarkan remaja dari krisis moral dan mengembangkan moral remaja. Dampak yang ditimbulkan dari krisis moral tidak bisa dianggap sepele karena tindakan tersebut menjurus ketindakan kriminal. Kondisi ini sangat memprihatinkan sebab pelaku dan korbannya adalah para pelajar yang diharapkan menjadi generasi penerus bangsa. Menyikapi hal tersebut jika dilihat dari peran BK yaitu konselor adalah memberikan layanan dalam bidang bimbingan maupun konseling yang berupa layanan responsif yang diberikan segera. Salah satu layanan yang dapat diberikan dan menjadi ranah bimbingan dan konseling adalah konseling realitas. Berdasarkan paparan tersebut maka perlu diadakan penelitian mengenai keefektifan penggunaan konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral sebagai bentuk pemberian layanan yang bersifat kuratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan perilaku moral siswa SMAN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan one grup pre-test and post-test design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 10 Malang kelas X yang berjumlah 5 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan skala perilaku moral. Pelaksanaan eksperimen dilengkapi panduan konseling realitas. Variabel independen yaitu konseling realitas dan variabel dependen penelitian ini adalah perilaku moral. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon signed ranks test. Kemudian untuk mengetahui arah bedanya pre-test dan post-test menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Z atau nilai beda -2.023b taraf Sig. (2-tailed) 0.043 kurang dari 0.05 maka H0 dapat dikatakan ditolak H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test setelah diberikan treatment sehingga terdapat peningkatan skor perilaku moral siswa. Hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa konseling realitas ini efektif untuk meningkatkan perilaku moral siswa namun tidak signifikan. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa konseling realitas efektif untuk meningkatkan perilaku moral siswa SMAN 10 Malang. Konselor dapat menggunakan pendekatan konseling realitas untuk mengatasi kebutuhan siswa ranah (1) disiplin (2) mengendalikan diri (3) sopan santun (4) kejujuran. Disamping hal itu juga diimbangi dengan bekerjasama dengan stake holder sekolah bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk mengembangkan penelitian dengan masalah serupa hendaknya tidak melihat perilaku moral siswa pada masa sekarang melainkan melihat keajegan perilaku subjek setelah diberikan treatment dengan mengadakan follow up.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148230

Actions (login required)

View Item View Item