Kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-Kota Malang di era revolusi industri 4.0 / Zulfianti Rosyida Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-Kota Malang di era revolusi industri 4.0 / Zulfianti Rosyida Zahro

Zahro, Zulfianti Rosyida (2020) Kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-Kota Malang di era revolusi industri 4.0 / Zulfianti Rosyida Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMAN kelas XII merupakan remaja yang berada pada tahap perkembangan remaja menengah dengan rentang usia 15-17 tahun. Pada tahap ini terjadi perubahan-perubahan secara signifikan baik secara fisik maupun psikis serta pencapaian tugas perkembangan yang wajib dilaksanakan. Kemudian siswa tersebut masuk pada tahap periode perkembangan karir terntatif yang mulai mengenali persyaratan kerja minat dan kemampuan dalam pemilihan karirnya. Apalagi dengan semakin derasnya arus globalisasi dan munculnya era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-kota Malang di era revolusi industri 4.0. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN kelas XII se-kota Malang. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling dengan menggunakan sistem zonasi dalam pembagian wilayah SMAN yang selanjutnya menggunakan teknik random sampling untuk menentukan sekolah sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-kota Malang di era revolusi industri 4.0. Analisis data penelitian menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kecenderungan pilihan karir tertinggi pada tiap sekolah berbeda SMAN 7 pada sektor pemerintahan (3 94%) SMAN 8 pada sektor pendidikan (4 37%) SMAN 6 pada sektor kesehatan (5 24%) dan SMAN 10 pada sektor pemerintahan (7 40%). Kemudian secara keseluruhan sektor pemerintahan memiliki persentase kecenderungan tertinggi (4 97%) diikuti oleh sektor pendidikan (4 83%) dan sektor pekerjaan rumah memiliki nilai persentase kecenderungan paling rendah (2 08%). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kecenderungan pilihan karir siswa SMAN se-kota Malang di era revolusi industri 4.0 cenderung pada sektor pemerintahan dengan persentase 4 97%. Selanjutnya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling yang terumuskan dalam program layanan oleh konselor di sekolah dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian kualitatif deskriptif mengenai alasan dan faktor dalam pemilihan karir serta penelitian korelasi mengenai faktor-faktor pemilihan karir dengan kemampuan pilihan karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148229

Actions (login required)

View Item View Item