Pengembangan panduan sosiodrama untuk mengurangi perilaku narsistik pada siswa SMP Negeri 3 Kepanjen / Rizka Putri Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sosiodrama untuk mengurangi perilaku narsistik pada siswa SMP Negeri 3 Kepanjen / Rizka Putri Rahmawati

Rahmawati, Rizka Putri (2020) Pengembangan panduan sosiodrama untuk mengurangi perilaku narsistik pada siswa SMP Negeri 3 Kepanjen / Rizka Putri Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku Narsistik adalah perilaku individu yang merasa dipandang dirinya lebih baik daripada orang lain. Perilaku ini dapat memberikan dampak yang negatif bagi siswa dalam bidang pribadi dan sosial. Seperti misalnya kematian sehingga menimbulkan tingkah laku yang tidak diinginkan. Siswa SMP dalam perkembangannya dinilai sudah mampu untuk berpikir lebih kritis sehingga memudahkan konselor untuk dapat membandingkan perilaku narsistik yang positif dan negatif . Untuk mengurangi perilaku narsistik membutuhkan media dalam pemberian layanan. Akan tetapi karena terbatasnya media yang ada di sekolah sehingga konselor memberikan layanan hanya dengan menggunakan teknik ekspositori yang kurang menarik minat siswa. Oleh karenanya perlu media baru yang lebih menarik bagi siswa untuk mengurangi perilaku narsistik melalui sosiodrama. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan panduan sosiodrama untuk mengurangi perilaku narsistik siswa SMP yang digunakan dalam memberikan layanan bimbingan yang memenuhi syarat keberterimaan produk yaitu aspek ketepatan aspek kegunaan aspek kemudahan dan aspek kemenarikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari tahap penelitian dan pengumpulan data tahap perencanaan tahap pengembangan produk tahap uji coba produk dan terakhir tahap melakukan revisi produk akhir. Subjek penelitian ini ialah ahli materi Bimbingan dan Konseling ahli media dan calon pengguna (konselor). Instrumen yang digunakan berupa angket yang berisi sejumlah pernyataan tertulis untuk memperoleh evaluasi dari ahli materi ahli media dan calon pengguna produk (konselor) dengan syarat keberterimaan produk. Teknik analisis yang digunakan analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif kemudian ditarik kesimpulan. Produk akhir dari hasil penelitian pengembangan berupa buku panduan sosiodrama untuk mengurangi perilaku narsistik bagi siswa SMP yang ditujukan untuk konselor. Produk pengembangan dinilai dari aspek ketepatan kegunaan kemudahan kemenarikan dari setiap komponen produk. Hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 3 61 yang berarti memiliki keberterimaan yang tinggi. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 3 11 yang berarti memiliki keberterimaan yang cukup. Hasil penilaian dari calon pengguna konselor diperoleh skor rata-rata 3 82 yang berarti memiliki keberterimaan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh beberapa saran produk penelitian ini yang ditujukan kepada guru BK dapat menjadi alternative media layanan bimbingan yang menarik dan mudah diterpakan di sekolah khususnya tentang kesadaran akan keragaman budaya. Saran bagi peneliti selanjutnya produk hasil pengembangan dapat dijadikan bahan untuk menguji keefektifan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148223

Actions (login required)

View Item View Item